Tanah Datar

Top! Kerja Keras Bupati Eka Putra Membuahkan Hasil, Tanah Datar Peroleh Bantuan Rp250 Juta dari BNPB

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Terlihat dari maksimal kerja yang ditunjukkan Bupati Kabupaten Tanah Datar, Eka Putra, SE.MM. dalam kinerja pemerintahannya yang selalu terpola dan terarah didalam menyikapi permasalahan atau musibah di wilayah Tanah Datar.

Bencana alam seperti tanah longsor, banjir bandang, banjir lahar dingin, erupsi Gunung Marapi baru baru ini membuat sebagian wilayah di Tanah Datar menjadi terjangan bencana itu.

Bupati Eka Putra terus menempatkan diri hadir dan merasakan kedukaan dari masyarakat sambil mendata seluruh kerugian dari wilayah yang terdampak.

Dari data itulah Bupati Eka Putra mencoba menyurati seluruh pihak, instansi terkait serta pemerintah pusat untuk membantu masyarakatnya yang terkena musibah.

Hal itu disampaikan Bupati Eka Putra saat menerima bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Gedung Indo Jelito Batusangkar pada Minggu 14 April 2024.

Bantuan Dana Siap Pakai BNPB senilai Rp250 juta diterima Tanah Datar sesuai dengan surat permohonan yang disampaikan Bupati Eka Putra kepada badan itu.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Kepala Subdirektorat Dukungan Pengerahan SDM BNPB Yustam Syahril kepada Bupati Eka Putra.

Pada kesempatan itu Yustam Syahril menyampaikan bahwa sesuai surat dari Bupati Eka Putra, BNPB membantu dari Dana Siap Pakai sebesar Rp250 juta dan dukungan logistik serta peralatan untuk penanganan darurat bencana banjir lahar dingin, banjir bandang dan longsor di Tanah Datar.

Dijelaskanya, dukungan logistik dan peralatan penanganan darurat bencana berupa 300 paket sembako, 300 paket hygine kit, 200 paket makanan siap saji, 25 unit Velbed, 100 pcs kasur lipat, 200 pcs selimut, 3 unit genset, 5 unit pompa apung, 2 unit light tower, 2 unit tenda pengungsi, 5 unit tenda keluarga 4×4 dan 1.008 botol sabun cair.

Diharapkannya Yustam Syahril, bantuan ini bermanfaat bagi masyarakat yang terdampak bencana dan peralatan mendukung untuk penanganan bencana di Tanah Datar.

Pada kesempatan itu Bupati Eka Putra mengucapkan terima kasih kepada BNPB yang merespon dengan cepat kebutuhan untuk penanganan bencana di Tanah Datar.

Bupati Eka Putra meminta maaf karena terlalu nyinyir atau cerewet menelpon untuk minta bantuan ini. Hal ini karena memang masyarakat sangat butuh sekali untuk penanganan musibah yang terjadi di Tanah Datar. “Terima kasih pak, bahkan permohonan untuk bantuan mobiler jet pump juga dikabulkan BNPB,” mata Bupati lagi.

Tidak lupa Bupati Eka Putra juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh relawan, Satgas, TNI, Polri dan dinas terkait lainnya yang telah mencurahkan tenaga dan pikiran dalam membantu mengatasi musibah banjir, longsor, erupsi dan banjir lahar dingin yang terjadi beberapa waktu lalu.

Turut hadir Asisten Pemerintahan dan Kesra Elizar, SH., Kalaksa BPBD dr. Ermon Revlin, Kasatpol PP dan Damkar Drs. Mukhlis, Kadis Sosial Afrizon, S.Ag.M.Pd., Kadis PU PR Ten Feri,ST, M, Si., Kadis Pertanian Sri Mulyani, SP.M,Si., Kadis PMD PPKB Abdurrahman Hadi, S.STP,M,Si., Kaban Kesbang Pol Drs. Herison dan instansi terkait lainnya. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *