Dharmasraya

RSUD Sungai Dareh Gelar Sosialisasi Percepatan Program Kanker Komprehensif

Dharmasraya, PilarbangsaNews- Sosialisasi percepatan program Kanker Komprehensif UPTD RSUD Sungai Dareh terhadap Puskesmas di Kabupaten Dharmasraya di gelar di Aula lantai 4 RSUD Sungai Dareh, Selasa (07/05/2024).   

Kegiatan Sosialisasi tersebut di hadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Dharmasraya,Hj. Yosta Defina, Direktur RSUD Sungai Dareh, Sartinovita serta perwakilan dari UPT Puskesmas se Kabupaten Dharmasraya.

“Adapun tujuan dari kegiatan ini yakni bagaimana para petugas bisa mengambil tindakan promotif, preventif dan skrining terhadap penyakit Kanker (Carsinoma/Ca),” kata Direktur.

Direktur RSUD Sungai Dareh, Sartinovita menyampaikan,layanan Kanker merupakan prioritas dalam Transformasi sistem kesehatan di Indonesia. Salah satunya dengan memaksimalkan ketersediaan layanan kanker di 514 Kabupaten/Kota di Indonesia.

Kanker sebagai penyakit penyebab kematian nomor satu di Indonesia perlu mendapat perhatian khusus. Tidak hanya pada layanan kuratif dan rehabilitatif, Kemenkes memprioritaskan layanan kanker melalui program promotif dan preventif, terutama pada skrining dan deteksi dini. “Ini merupakan program unggulan Kementerian Kesehatan RI,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Dharmasraya, Yosta Defina dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Direktur RSUD Sungai Dareh dan jajaran yang telah memfasilitasi kegiatan Sosialisasi Percepatan Program Kanker Komprehensif

“Kita berharap selama berjalannya kegiatan ini para peserta dapat lebih aktif untuk bertanya dan mengikuti dengan serius, sehingga nantinya apa yang diberikan oleh para nara sumber bisa di implementasikan di lapangan,” ucap Kepala Dinas Kesehatan yang secara resmi membuka acara sosialisasi tersebut.

Selanjutnya para peserta Sosialisasi diberikan materi sekaligus sesi tanya jawab oleh para Nara Sumber terkait Ca.Serviks oleh Pom Harry Satria. Ca.Kolorektal oleh dr.Icuk Ilhamsyah Pakpahan. Ca.mammae oleh Hendra Praja. Ca.Paru oleh Hendresta, dan Asviandri.(Rjl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *