Pessel

KLB Diare di Pessel FK Unand Padang Lakukan Pengabdian Masyarakat Komprehensip di Pessel

Painan, PilarbangsaNews.com,–
KLB (Kasus Luar Biasa) penyakit Diare yang terjadi di beberapa Kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan Sumbar, Fakultas Kedokteran Unand Padang akan mengadakan Pengabdian Mayarakat secara Komprehensif di daerah tersebut.

“In Sha Allaah Jumat besok (10/5/2024) saya akan ke Painan menemui Pak Bupati untuk membicarakan lebih lanjut terkait Pengabdian Masyarakat,” kata Kepala Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand Padang Dr Andini Eka Putra M.SC kepada pilarbangsaNews.com lewat pesan WhatsAppnya subuh tadi Kamis (9/5/2024).

KLB Diare di Pessel telah menewaskan 5 orang warga dan ratusan orang dilarikan ke fasilitas kesehatan terdekat. Menurut Dr Andini Memicu FK Unand Padang untuk melakukan pengabdian Masyarakat yang komprehensif.

Kegiatannya anatara lain dalam bentuk ; Pemberian informasi, edukasi untuk masyarakat.

“Kegiatan ini akan melibatkan dosen dan mahasiswa dari
Unand, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan Politekes Kemenkes Padang,” tambah Dr Andini yang semasa kasus Covid ia cukup populer karena menggunakan uang probadi untuk membangun labor Swab agar masayarakat bisa malakukan test Sweb secara gratis.

Menurut Dr Andini Direncanakan kegiatan ini akan berlangsung selama 3 samoai 6 bulan.

” Kita nanti akan mengambil sampel air sesuai daerah sebaran untuk menilai sejauh mana dan melihat bagaimana pola sebaran Eschericia coli tipe ganas (EPEC atau EIEC) yang mungkin sebagai penyebab, sehingga
titik awal permasalahan dapat diidentifikasi secara ilmiah,” kata Dr Andini Eka Putra.

Menurur Andini
sebagai bagian dari proses kegiatan tersebut, dia berencana ke Painan hari ini menemui dan membicarakan hal ini bersama Bupati dan OPD terkait di
Painan, untuk selanjutnya akan bergerak ke
lapangan melakukan pengembilan spesimen air sesuai standar epidemiologi dan bertemu dengan
masyarakat terdampak. (****)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *