Sumbar

Akibat Banjir Bandang di Jalur Silaiang Kariang, Jalan Putus Masuk ke Sungai

Lembah Anai, PilarbangsaNews

Akses jalan Padang ke Padang Panjang via Lembah Anai Padang Pariaman putus total. Badan jalan putus masuk sungai akibat banjir luapan sungai yang terjadi pada Sabtu (11/5/2024) malam di ruas jalan kawasan Silaiang Kariang Lembah Anai.

Pantauan media berdasarkan video di WA Grup Media Kebencanaan, Minggu (12/5/2024) pagi, terlihat kondisi jalur Silaiang Kariang, kawasan Lembah Anai mengalami putus total, sehingga tak bersisa, untuk berjalan kaki saja tidak bisa persis di bawah jembatan KA. Pada bagian lain badan jalan tinggal sepertiga saja.

Kapolres Padang Pariaman, AKBP Faisol Amir mengimbau kepada seluruh masyarakat yang ingin menuju Bukittinggi dari Padang dan juga Pariaman begitu juga sebaliknya, diminta untuk memutar arah atau tidak menggunakan sama sekali melalui jalur itu.


“Saya pastikan jalan di kawasan Lembah Anai putus total. Masyarakat tidak bisa lagi mengakses jalan dari Padang Pariaman dan Padang menuju Air Terjun Lembah Anai,” kata Faisol Amir.

Kapolres berharap masyarakat tidak perlu lagi melintasi Lembah Anai untuk ke Padang Panjang, lebih baik putar atau tidak melewati jalur tersebut karena dipastikan takkan bisa menyeberang karena jalan aspal sudah ambrol ke sungai oleh banjir semalam.

Jalan yang ambrol

“Secara tegas, saya jelaskan tidak perlu lagi masuk ke jalur Lembah Anai untuk menuju Padang Panjang dan Bukittinggi. Kami sarankan lewat Kelok 44 atau Sitinjau Lauik untuk menuju Padang Panjang atau Bukittinggi,” tutupnya.

Putusnya jalur Silaiang Kariang tersebut dipicu oleh hujan dengan intensitas lebat disertai meluapnya air Sungai Lubuk Mata Kucing di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, Sabtu (11/5/2024) malam.

Berdasarkan laporan Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB, banjir terjadi pukul 22.00 WIB yang mengakibatkan wilayah terendam banjir meliputi Kelurahan Pasar Usang, Silaing Bawah di Kecamatwn Padang Panjang Barat. Kelurahan Sigando, Ekor Lubuk di Kecamatan Padang Panjang Timur.

Dampak banjir Kelurahan Pasar Usang di Kecamatan Padang Panjang Barat. Meluapnya air Sungai Lubuk Mata Kucing yang mengakibatkan putusnya Jalan Akses Simpang Lubuk Mata Kucing menuju Nagari Singgalang Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar.

Akibat dari kejadian tersebut tempat Pemandian Lubuk Mata Kucing dibawa arus sungai dan dua warung masyarakat yang terbawa arus.

Sedangkan wilayah Kelurahan Silaing Bawah luapan air sungai Batang Aia Sangkua yang mengakibatkan 2 unit rumah dipinggiran sungai sangkua hanyut.

Penanganan banjir BPBD Kota Padang Panjang bersama instansi terkait melakukan evakuasi warga terdampak banjir dan melakukan kaji cepat. (gk/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *