Sumbar

Banjir Lahar Dingin di Agam dan Tanah Datar; Korban Jiwa, Rumah Hancur dan Jalan Putus

Agam, PilarbangsaNews

Banjir dan terjangan lahar dingin kembali melanda sejumlah kawasan di Kabupaten Agam dan Tanah Datar.

Peristiwa ini terjadi pada Sabtu (11/5/2024) jelang tengah malam. Menurut informasi, terjangan banjir dan lahar dingin membuat warga panik.

Berbagai rekaman detik-detik banjir dan lahar dingin melanda pun ramai di media sosial.

Berdasarkan informasi, untuk di Kabupaten Agam banjir dan lahar dingin melanda kawasan Bukik Batabuah, Sungai Pua, Balingka dan daerah lain yang saat ini belum terdata sepenuhnya.

Begitu pula untuk kawasan Tanah Datar, daerah yang terdampak yang sementara ini baru diketahui adalah kawasan Aia Angek, Koto Baru, Panyalaian, Pandai Sikek, Koto Laweh, Singgalang, dan Paninjauan.

Selain daerah terdampak, juga ramai di media sosial penemuan jenazah warga di kawasan Banuhampu. Kendati demikian, untuk korban jiwa, saat ini belum terdata sepenuhnya.

Kemudian untuk lalulintas, saat ini akses Padang-Bukittinggi lewat Lembah Anai putus total, akibat adanya badan jalan yang terban di kawasan Silaiang Kariang.

Selain jalan terban, genangan air yang menutup permukaan jalan membuat puluhan kendaraan di kawasan Sungai Pua terjebak.

Hingga berita ini diterbitkan, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam dan Tanah Datar belum memberikan keterangan lengkap. (gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *