Olahraga

Kadis PMD Sumbar Amasrul, SH : Tujuh Manfaat Senam Sehat. Ini Penjelasannya!

Padang, PilarbangsaNews

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Sumbar H. Amasrul, SH mengatakan, jangan menganggap sepele manfaat dari Senam Sehat. Dengan bersenam akan menjaga kese tubuh manusia , yaitu menjaga kesehatan jantung, memelihara kesehatan tulang dan sendi, hingga melatih kekuatan otot.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas PMD Sumbar H. Amasrul, SH seusai Senam Sehat di halaman Kantor PMD Sumbar, Jalan Pramuka, Padang, Rabu (15/5/2024) pagi.

Menurut Amasrul, SH., berdasarkan literatur kesehatan, paling tidak ada tujuh manfaat Senam Sehat yang dapat diperoleh. Pertama, memelihara kesehatan jantung. Dengan melakukan gerakan fisik yang teratur maka turut mengoptimalkan kinerja dan otot jantung.

Kedua, menjaga kesehatan otak. Aliran darah yang lancar ke otak akan membawa berbagai macam nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan oleh otak. Dengan begitu, otak jadi memiliki nutrisi yang cukup sehingga fungsi dan kesehatannya pun dapat terjaga.

Ketiga, senam sehat dapat menjaga kesehatan tulang dan sendi. Keempat, melatih kekuatan otot, melatih kemampuan gerak tubuh juga dapat meningkatkan kekuatan otot.

Kelima, memperbaiki bentuk tubuh karena senam sehat dapat mengencangkan serta menguatkan serta memperbaiki bentuk tubuh.

“Otot yang kuat dan kencang, terutama pada bagian betis, paha, pinggul, perut, dan lengan, turut mengoptimalkan bentuk tubuh agar menjadi lebih proporsional,” kata Amasrul mengutip ulasan pakar kesehatan.

Keenam, membantu menurunkan berat badan. Senam Sehat mampu memaksimalkan proses pembakaran lemak di dalam tubuh sehingga berat badan akan menurun. Dan ketujuh, meningkatkan suasana hati. Gerakan fisik senam dapat memicu terjadinya produksi hormon endorfin di dalam tubuh yang berperan dalam mengurangi rasa nyeri serta memberikan energi positif.

Karena besarnya manfaat Senam Sehat itu, kata Kadis PMD Sumbar Amasrul, maka seluruh ASN di Dinas PMD wajib mengikuti Senam Sehat setiap hari Rabu pagi.

Dalam Senam Sehat pada Rabu 15 Mei 2024 dihadiri langsung oleh Kadis PMD Sumbar H. Amasrul, SH., Sekretaris Dinas Amriman, S.Pd.MM., dan pejabat struktural seluruh Kabid, Kasubag dan fungsional PSM.

Seusai Senam Sehat para peserta diberikan sarapan berupa makan tambahan kacang hijau, roti, telur rebus dan air mineral. (gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *