Kesehatan

Andalas Tobacco Control dan YHF-WS Sukses Kampanye Anti Rokok dengan Aksi Long March

Padang, PilarbangsaNews

Dalam rangkaian peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia tahun 2024, Andalas Tobacco Control (ATC) dan Youth Health Forum (YHF) West Sumatera berhasil membawa massa turun kejalan (long march) dalam acara Car Free Day mengkampanyekan anti rokok, Minggu (26/5/2024).

Acara kampanye anti rokok dengan turun ke jalan dilakukan dengan cosplay (bermain peran dengan menampilkan akibat rokok, deklarasi pemuda tanpa rokok serta melakukan pemeriksaaan kesehatan.

Acara turun ke jalan ini berlangsung meriah dimulai dari pukul 06.00 WIB start dari lapangan Polda Sumbar Jalan Sudirman hingga pada Gedung Dispora di GOR Agussalim Kota Padang.

Dalam aksi turun ke jalan ini terdapat acara pemilihan puntung rokok di sepanjang jalan. Aksi pemilihan puntung rokok ini dilombakan dan dimenangkan oleh siswa yang masih duduk di bangku SD kelas 4.

Lomba pemilihan puntung rokok ini diikuti dengan antusias oleh peserta aksi turun ke jalan dengan hasil pengumpulan punting rokok terberat yaitu 250 gram. Mereka berlomba-lomba mengumpulkan puntung rokok di jalan dan daerah yang paling banyak ditemui adalah di daerah parkiran dan kantin kantor karena di area tersebut paling banyak ditemui perokok aktif.

Selain itu dilaksanakan pemeriksaan kesehatan dimana ATC dan YHF West Sumatera berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat dan Dinas Kesehatan kota Padang. Pemeriksaan yang dilakukan antara lain tekanan darah, pemeriksaan gula darah, kolesterol, asam urat, konsultasi gizi serta menyediakan klinik berhenti merokok.

Khusus klinik berhenti merokok, panitia aksi turun ke jalan ini memberikan informasi dan edukasi bagaimana cara berhenti merokok. Terdapat langkah berhenti merokok yang dikenal dengan START (set date, (tetapkan kapan dimulai), Tell Family and Friends (beritahu orang sekitar anda), Anticipate Challenges (antisipasi tantangan), Remove Cigaratees (enyahkan rokok), dan Talk To Doctor (berkomunikasi dengan dokter).

Selain itu, bagi perokok aktif yang ingin melakukan konsultasi lebih lanjut dapat menghubungai Puskesmas terdekat di Kota Padang seperti Puskesmas Lapai, Ulak Karang, Seberang Padang, Andalas, Ikua Koto, Kuranji dan Aia Dingin.

Youth Health Forum West Sumatera merupakan forum anak muda dan mahasiswa peduli kesehatan yang dipimpin Syahlan, berada dibawah binaan Andalas Tobacco Control (ATC) berpusat di Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unand dengan Direktur ATC yaitu Kamal Kasra, SKM., MQIH., PhD. (Gil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *