Pendidikan

MAN 2 Padang Gelar Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka di Grand Basko Hotel

Padang, PilarbangsaNews

MAN 2 Kota Padang menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) bagi pendidik dan tenaga kependidikan di Grand Basko Hotel, Selasa (28/05/2024).

Kegiatan tersebut diikuti 130 peserta yang berasal dari guru dan pegawai serta melibatkan 12 orang panitia. Bimtek IKM akan berlangsung pada 28 hingga 29 Mei 2024.

Bimtek dibuka oleh Kakanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Barat, Mahyudin. Pengalungan tanda peserta kepada 2 perwakilan guru menandai dimulainya acara tersebut.

Kakanwil Mahyudin dalam sambutannya mengatakan kurikulum serangkaian mata pelajaran yang harus ditempuh peserta didik. Penerapan kurikulum dalam dunia pendidikan sangat penting dan berpengaruh terhadap segala aktivitas pembelajaran.

Menurutnya, kurikulum pun terus mengalami perubahan mengikuti perkembangan zaman yang disesuaikan dengan kebutuhan pelajar di eranya masing-masing.

“Saat ini kita dihadapkan dengan kurikulum baru yang bernama kurikulum merdeka. Kurikulum baru inilah yang harus kita terapkan dalam menjalankan tugas sehari-hari,” kata Mahyudin.

Kakanwil menyebut dalam kurikulum merdeka guru didorong untuk menciptakan inovasi-inovasi baru dimadrasah. Dia mengajak guru MAN 2 melakukan terobosan agar kurikulum itu dicontoh madrasah lain.

“Manfaatkan waktu dengan se baik baik nya, kreatif dan inovatif dalam menciptakan PBM sehingga bisa melahirkan anak yang berkompetensi dan orang datang ke MAN 2 untuk mencontoh,”tuturnya.

Kakankemenag Kota Padang Edy Oktafiandi menekankan bahwa Bimtek IKM sangat dibutuhkan guru. Melalui bimtek akan ada evaluasi, sinergitas dan kolaborasi sesama pendidik dalam memajukan madrasah yang hebat, bermutu dan mendunia.

Sementara itu, Kepala MAN 2 Kota Padang Akhri Meinhardi menuturkan, bimtek IKM berkaitan dengan hasil lokakarya beberapa waktu lalu. Dia berharap hal hal yang dihasilkan pada saat lokakarya hendaknya akan terwujud melalui Bimtek ini. (Arul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *