Pasaman

Bupati Pasaman Sabar AS Lepas 233 Orang Calon Jemaah Haji

Lubuk Sikaping, PilarbangsaNews

Rombongan calon jemaah haji Kabupaten Pasaman dilepas secara resmi keberangkatannya oleh Bupati Pasaman Sabar AS di halaman Gedung Islamic Center Lubuk Sikaping, Rabu (29/05/2024).

Pelepasan calon jamaah haji tersebut juga dihadiri oleh Plt Sekda Pasaman Yasri Uripsyah, Ketua DPRD Pasaman, Forkopimda, Kepala OPD, BUMD, dan ratusan sanak famili calon jamaah haji.

Dalam laporannya Kepala Staf Urusan Haji dan Umroh Kabupaten Pasaman Nafrizal menyebutkan, untuk calon jamaah haji Kabupaten Pasaman yang diberangkatkan saat ini sebanyak 233 orang yang terbagi menjadi 2 kloter, dimana untuk kloter 16 berjumlah 227 orang. Sementara untuk kloter 17 sebanyak 6 orang, dalam hal ini, seluruh peserta calon jamaah haji akan diberangkatkan ke Asrama Haji Padang dengan menggunakan 9 buah armada bus.

Dijelaskan Nafrizal, untuk kloter 16 nantinya akan bergabung dengan calon jamaah haji Kota Padang. Sedangkan untuk kloter 17 merupakan gabungan sisa jamaah haji yang ada di Sumatera Barat.

Dari 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Pasaman, terbanyak calon jemaah haji yang diberangkatkan adalah Kecamatan Lubuk Sikaping berjumlah 59 orang. Sedangkan yang paling sedikit Kecamatan Simpati berjumlah 5 orang. Untuk peserta tertua untuk calon jamaah haji kali ini bernama Tiolom Siregar Jalumaju berusia 89 tahun berasal dari Kecamatan Padang Gelugur dan calon jamaah haji termuda untuk tahun ini Muhammad Ikhsan Sudirman berusia 22 tahun berasal dari Kecamatan Lubuk Sikaping.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Pasaman Sabar AS mengatakan, atas nama Pemerintah daerah Kabupaten Pasaman mengucapkan menunaikan ibadah haji, dan tetap menjaga selalu menjaga kesehatan selama di tanah suci.

“Kita berdoa semoga seluruh calon jamaah haji bisa kembali ke kampung halaman dengan selamat dan mendapat haji yang mabrur dari Allah SWT. Panggilan haji ini adalah merupakan panggilan yang istimewa dan perlu disyukuri. Permohonan doa untuk kemajuan kabupaten Pasaman kedepan,” pinta Sabar AS.

Selanjutnya Sabar AS menghimbau, kiranya para calon jamaah haji bisa menjauhkan diri dari hal-hal yang dapat membatalkan ibadah haji dan perbuatan yang sia-sia, tentunya yang dapat mengurangi pahala serta kekhusukan dalam beribadah. (Zul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *