Payakumbuh

Jelang Beraktifitas, Pj Wali Kota Payakumbuh Tinjau Titik Pembuangan Sampah

Payakumbuh, PilarbangsaNews

Jelang beraktifitas, Pj. Wali Kota Payakumbuh Suprayitno meninjau beberapa titik-titik pembuangan sampah yang ada di Kota Payakumbuh, Jumat (31/05/2024) pagi.

Mulai dari seputaran Gelanggang Pacuan Kuda, Jl. Jeruk, Pasar Tradisional Ibuh hingga Kawasan Wisata Batang Agam, semua sampah sudah bersih.

“Sejak Subuh, semua petugas kita telah bekerja dengan maksimal. Apresiasi yang tinggi untuk semua petugas kebersihan kita,” kata Pj. Wali Kota Payakumbuh Suprayitno.

Saat peninjauan itu, Pj. Wako juga melihat di beberapa tempat ada tanaman merambat yang mulai tumbuh liar sehingga merusak wajah Kota Payakumbuh.

“Nanti akan kita galakkan lagi kebiasaan gotong royong ini di tengah-tengah masyarakat. Karena dengan bergotong royong apa yang tidak mungkin bisa menjadi mungkin,” ucapnya.

Ketika berhenti disalah satu titik, Pj. Suprayitno menampung masukan dan keluhan dari beberapa petugas yang sedang bekerja membersihkan sampah.

“Tadi ada beberapa keluhan dari petugas kebersihan, kita akan segera tindaklanjuti itu. Karena ini untuk kenyamanan petugas kita juga,” ujarnya.

Kemudian, Wako Suprayitno mengimbau dan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk melakukan pemilahan sampah di rumah menjadi tiga jenis yaitu sampah organik, sampah, anorganik yang bernilai, dan sampah lainnya atau residu.

“Kami mengimbau dan mengajak masyarakat kiranya berkenan membantu mengurangi sampah dan jangan buang sampah sembarangan. Lakukanlah pemilahan sampah dengan baik. Selanjutnya melakukan pengolahan sampah organik menjadi kompos dengan membuat lubang atau menggunakan komposter sederhana. Sampah anorganik yang masih bernilai disalurkan ke bank sampah atau lapak barang bekas,” pungkasnya. (wba)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *