Wakil Rakyat

Ketua DPRD Sumbar Supardi Buka Bimtek Peningkatan Kapasitas Pemangku Kebudayaan Kota Payakumbuh Angkatan III

Bukittinggi, PilarbangsaNews

Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat Supardi, SH membuka kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Pemangku Kebudayaan Kota Payakumbuh Angkatan III, bertempat di Rocky Hotel Bukittinggi, 8 Juni 2024. Kegiatan yang terselenggara melalui pokok-pokok pikiran anggota dewan melalui usulan Supardi tersebut digelar dari tanggal 8-10 Juni 2024.

Pada kesempatan itu, Supardi mengajak semua pihak, terutama tokoh adat se Kota Payakumbuh untuk “mambangkik batang tarandam” dengan menggali dan melestarikan budaya dan kesenian Payakumbuh yang hampir punah. “Ini adalah tugas kita bersama, bukan hanya pemerintah, tetapi juga tokoh adat dan budaya di Kota Payakumbuh,” ungkapnya.

Dikatakan Supardi, sebagai Ketua DPRD Sumbar, dirinya terus mendorong agar budaya, adat dan kesenian Payakumbuh bangkit dan dikenal semua kalangan dengan menggelar festival bertaraf internasional. “Saya sudah sering mengangkat festival budaya bertaraf internasional,” katanya.

Menurut Supardi, wisatawan dari luar negeri kagum dengan kesenian dan budaya Payakumbuh, karena tidak mereka temukan di daerah lain. Tentu ini menjadi peluang untuk dilanjutkan. Kenalkan adat, budaya dan kesenian kepada generasi muda sehingga lestari dan mereka tidak tercabut dari akar budayanya.

Dikatakan Supardi, Kota Payakumbuh juga punya tradisi dan kesenian lama yang mungkin saja hampir punah dan langka, seperti Sirompak, Basijobang, Tari Podang, Talempong Batu dan lainnya. Ini kesenian yang luar biasa, dan jika ditampilkan akan membuat Payakumbuh dikenal dunia luas. (gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *