Mahasiswa

Sekwan Raflis Terima Kunjungan Mahasiswa Fakultas Hukum Unand, DPRD Sumbar Terbuka untuk Diskusi dan Edukasi

Padang, PilarbangsaNews

Sekretaris DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), H. Raflis, SH, MM., menyambut kunjungan mahasiswa universitas Andalas Fakultas Hukum Departemen Hukum Administrasi Negara Universitas Andalas. Rombongan mahasiswa yang didampingi dosen mereka ini diterima di Ruang Sidang Utama DPRD Sumbar, Rabu 5 Juni 2024.

Pertemuan antara mahasiswa Universitas Andalas Fakultas Hukum, Departemen Hukum Administrasi Negara dengan Sekwan Raflis berlangsung dengan penuh kehangatan dan diselingi tawa canda. Sekwan didampingi Kepala Bagian Persidangan dan Perundang-Undangan Zardi Syahrir, SH, MM.

Pimpinan rombongan mahasiswa Unand mengatakan, kunjungan tersebut dalam rangka upaya meningkatkan pemahaman praktis mengenai tata kelola legislatif. Kegiatan ini juga menjadi wadah diskusi inspiratif bagi para mahasiswa untuk memahami peran dan fungsi DPRD dalam penyusunan kebijakan daerah. “Ini adalah bagian penting untuk memupuk pemahaman mahasiswa lebih luas, sehingga dapat memahami dengan benar tugas dan fungsi kedewanan,” katanya.

Sementara itu, Sekwan Raflis mengaku DPRD Sumbar terbuka bagi siapa saja, termasuk bagi mahasiswa. “DPRD Sumbar terbuka untuk diskusi apalagi edukasi, sehingga mahasiswa memahmi dengan benar tugas dan fungsi DPRD,” ujarnya.

Dikatakannya, setidaknya ada tiga tugas pokok anggota dewan, yaitu legislasi, penganggaran dan pengawasan. “Fungsi legislasi terkait dengan pembuatan Perda, penganggaran terkait dengan penganggaran keuangan daerah yang diusulkan eksekutif dan disahkan dewan, dan pengawasan fungsi melekat anggota dewan mengawasi pelaksanaan Perda dan realisasi anggaran yang telah disahkan tadi,” tukuknya. (gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *