Agama

Sholat Idul Adha 1445 H di Masjid Nurul Ilmi Kampus Unand, Khatib Serukan Umat untuk Bersyukur

Padang, PilarbangsaNews

Sholat Idul Adha 1445 H berlangsung di Masjid Nurul Ilmi Universitas Andalas di Kampus Limau Manis, Senin (17/6/2024). Masjid tetap ramai dengan jemaah dari Keluarga Besar Unand dan masyarakat sekitar meskipun hujan gerimis turun di kawasan itu.

Pimpinan Unand tampak ikut dalam barisan sholat yaitu Rektor Unand Dr. Efa Yonnedi, SE., Wakil Rektor 1 Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Syukri Arief, M.Eng., Wakil Rektor 2 Bidang Keuangan dan Pengelolaan Aset Dr. Hefrizal Handra, M.Soc.Sc., Dekan serta para dosen.

Dalam sambutannya Warek 2 Unand Hafrizal Handra mengatakan, bahwa sebagai kampus universitas negeri tertua diluar Jawa, Unand selalu bergerak maju bersama masyarakat dan tentunya Unand terus pula meningkatkan mutunya.

Kemajuan Unand sebagai lembaga pendidikan bersama-sama dengan masyarakat Provinsi Sumatera Barat, dalam mendidik semua anak bangsa yang menuntut pendidikan di berbagai fakultas yang ada di Unand.

“Untuk mencapai kemajuan Unand maka diperlukan kerja keras dan pengorbanan semua pihak. Sekecil apa pun pengorbanan kita untuk kebaikan pasti dicatat Allah SWT sebagai pahala,” kata Warek 2 Unand Hefrizal Handra.

Khatib Drs. H. Saipunir Husin

Sementara Khatib Sholat Idul Adha Drs. H. Saipunir Husin dalam khotbahnya menyampaikan, agar umat tidak putus-putusnya bersyukur atas nikmat yang tidak terkira yang telah diberikan Allah SWT kepada manusia.

“Bagi umat yang bersyukur maka Allah SWT akan membalasnya dengan nikmat yang berlipat ganda. Sebaliknya bagi yang tidak bersyukur maka azab Allah SWT sangat pedih,” kata Saipunir Husin.

Bagi orang yang selalu bersyukur dan sabar, maka sosok orang itu akan mampu mencegah kemungkaran. Kecerdasan dan kehebatan dirinya digunakan untuk menjauhkan dirinya dari perbuatan mungkar.

Karena itu Hari Raya Idul Adha 1445 H gunakan sebagai momentum untuk makin meningkatkan pengorbanan, kepedulian, tolong menolong dan meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT.

“Bersamaan dengan meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT, makin khusyuklah dalam melaksanakan sholat. Insya Allah kita akan masuk dalam golongan manusia yang bertaqwa,” kata H. Saipunir Husin.

Seusai sholat Idul Adha di Masjid Nurul Ilmi Universitas Andalas Kampus Limau Manis ini, para jemaah mendapatkan cuma-cuma sarapan untuk berbuka berupa lontong dan air mineral.

Menurut informasi yang disampaikan pengurus, dalam Idul Adha 1445 ini juga akan dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban. (gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *