Tanah Datar

Bupati Eka Putra ke BNPB Sampaikan Pasca Bencana dan 22 Usulan

Jakarta, PilarbangsaNews

Bupati Kabupaten Tanah Datar, Eka Putra, SE.MM.dan rombongan mendatangi kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Graha Kantor Jl. Pramuka Kav. 38 Jakarta Timur, guna menyampaikan kondisi terkini pasca banjir bandang yang melanda Kabupaten Tanah Datar.

Bupati Eka Putra juga membawa 22 usulan yang disampaikan kepada BNPB pusat untuk ditindaklanjuti didalam langkah strategis penanggulangan bencana serta korban yang terdampak.

Bupati Eka Putra didampingi Plh. Asisten Pemerintahan dan Kesra Arif Gani, Kepala Dinas Kominfo Yusrizal, Kepala Dinas PUPR Ten Feri, Kalaksa BPBD dr. Ermon Revlin mendatangi kantor pada Selasa 11 Juni 2024.

Bupati dan rombongan disambut langsung oleh Sekretaris Utama (Sestama) Rustian didampingi Plt. Direktur Dukungan Infrastruktur Darurat Yuferryzal.

Pada kesempatan itu dijelaskan Bupati Eka Putra bahwa setelah pemberlakuan masa tanggap darurat selama 28 hari, terhitung sejak tanggal 9 Juni kemarin Kabupaten Tanah Datar memasuki masa transisi selama satu tahun lamanya.

Akibat bencana tersebut 10 korban belum ditemukan dan pihak keluarga telah mengikhlaskan anggota keluarganya itu.

Banyak rumah warga yang rusak dan hanyut, lahan pertanian, infrastruktur seperti jembatan, irigasi dan fasilitas umum lainnya juga rusak.

Atas kejadian itu Bupati Eka Putra mengajukan proposal bantuan sebanyak 22 usulan yaitu 20 jembatan dan 2 jalan dengan total biaya sebesar Rp171 miliar.

Pada kesempatan itu Bupati Eka Putra sebagai Kepala Pemerintah Daerah dan mewakili masyarakat Tanah Datar menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada BNPB atas pengabdian tugas di Tanah Datar.

Termasuk juga pembuatan 8 unit jembatan balley guna membuka akses jalan dan pemasangan Early Warning Sistem (EWS).

Pada pertemuan itu, Sestama BNPB Rustian sampaikan turut berduka atas bencana yang terjadi semoga Tanah Datar kembali bangkit.

Disampaikanya semua tim telah bekerja secara optimal dan juga terima kasih kepada Bupati dan jajaran yang telah menangani secara maksimal.

Atas usulan yang disampaikan Bupati Eka Putra 18 usulan sudah di verifikasi dan 2 sisanya masih dalam proses peninjauan.

Masa bencana tentu ada plus minusnya, untuk itu atas nama BNPB dan jajaran yang bertugas di lokasi juga menyampaikan permohonan maaf apabila ada kekurangan dalam menangani bencana di Tanah Datar. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *