Tanah Datar

Alumni Akabri 94 Memberikan Bantuan Bakti Sosial untuk Korban Banjir di Tanah Datar

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Alumni Akabri 94 memberikan bantuan kepada korban musibah bencana banjir bandang Tanah Datar. Bantuan itu diserahkan langsung Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol. Suharyono. S.I.K, S.H, kepada Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE,MM, Kamis (20/6/2024) siang di Gedung Indo Jolito Batusangkar.

Penyerahan juga disaksikan Wadanlantamal Kolonel Mulyadi, Dansat. Brimob Polda Sumbar Kombes Pol. Joni Afrizal Syarifuddin dan Kadislog. Lanud Padang Letkol. Kav. Dody Yuliansyah.

Sementara Bupati Eka Putra didampingi Sekretaris Daerah Iqbal Ramadi Payana, Kadis Kominfo Yusrizal, Kapolres Tanah Datar dan Kapolres Padang Panjang dan Kajari Tanah Datar.

Kapolda Sumbar atas nama Forkopimda dan masyarakat Sumatera Barat menyampaikan ucapan terima kasih kepada alumni Akabri 94 baik Darat, Laut dan Udara yang telah memberikan bantuan untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir bandang Marapi di wilayah Sumatera Barat umumnya dan Tanah Datar khususnya yang terparah.

“Ini bentuk atensi dari kami alumni AKABRI. Seperti apa yang dirasakan masyarakat juga kami rasakan, ini bentuk kepedulian bagi masyarakat yang terdampak langsung banjir bandang ini,” ujar Kapolda.

Dikatakan Kapolda ini bakti sosial 30 tahun mengabdi dan ini tidak hanya di Sumatera Barat namun juga di daerah lain diwilayah Indonesia yang juga ditimpa musibah. Kapolda menyebut bantuan tersebut berupa sembako, bingkisan, ada juga selimut, pakaian, dan kebutuhan lainnya atau konsuntif dan non konsumtif.

Terkait tema bakti sosial Akabri ini, “cooling system menjelang Pilkada serentak”, disampaikan Kapolda adalah upaya bagaimana menciptakan susana sejuk dalam masa pilkada serentak ke depan. Jadi cooling system ini bukan sekedar bakti sosial sembako saja melainkan juga rasa kepedulian aparat terhadap keamanan dan kenyamanan masyarakat.

Kapolda juga mengatakan dimana alumni Akabri 92 Batalyon Pratisarawiya dimana dirinya merupakan angkatan tersebut juga akan memberikan bantuan berupa bantuan perbaikan atau renovasi sarana ibadah seperti masjid, setidaknya ada 5 (lima) masjid yang akan direnovasi.

Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM menyampaikan ucapan terima kasih kepada alumni Akabri 94 yang telah memberikan bantuan sebanyak 16 truk dan itu akan segera didistribusikan ke 6 (enam) kecamatan dan 13 nagari.

Terkait pemulihan pasca bencana disampaikan Bupati Eka Putra saat ini sudah masuk masa transisi dimana akan segera membenahi infrastruktur, seperti mempersiapkan hunian untuk korban terdampak, rencana pembuatan sabodam, pemasangan Early Warning System (EWS).

“Saat ini tim dari Pemerintah Pusat sudah melakukan survey terkait sabodam, EWS. Dan kita juga berharap Pemerintah Pusat juga segera membangun hunian bagi korban terdampak seperti program terpadu sebanyak 60 unit rumah dan mandiri sebanyak 154 rumah,” sebutnya.

Usai menerima bantuan secara simbolis Kapolda Sumbar beserta rombongan yang juga didampingi Bupati meninjau lokasi masjid yang terdampak di Simpang Manunggal. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *