Tanah Datar

Bupati Eka Putra Bantu Satu Unit Mobil untuk LKAAM Tanah Datar

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Bupati Tanah Datar Eka Putra menyerahkan kunci mobil untuk operasional LKAAM Tanah Datar di Aula Kantor Bupati Tanah Datar. Penyerahan kunci mobil tersebut diserahkan Bupati kepada Ketua LKAAM Tanah Datar Aresno Datuk Andomo.

Ikut mendampingi Mustafa Akmal Datuk Sidi Ali SH (Pengurus LKAAM), staf Ahli Bupati Tanah Datar Erizanur, PH Asisten 1 Setda Tanah Datar Arief Gani, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Inhendri Abbas, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Abdurrahman Hadi, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Helfy Rahmy Harun.

Penyerahan kunci mobil itu dilakukan seusai pembukaaan kegiatan Penguatan Kapasitas Ninik Mamak yang diikuti 200 ninik mamak se Kabupaten Tanah Datar, Kamis (20/6/2024).

Bupati Tanah Datar Eka Putra mengakui, selama ini peran Niniak Mamak, terkhusus LKAAM sangat membantu menyukseskan visi dan misi Kabupaten Tanah Datar dalam menempatkan masalah pemahaman dan pengamalan nilai-nilai kehidupan beragama, adat dan budaya dalam visi pemerintah Kabupaten Tanah Datar yaitu terwujudnya Kabupaten Tanah Datar madani, yang berlandaskan adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah.

Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menaruh perhatian yang besar terhadap adat dan budaya serta keagamaan. Sebagai bukti kongkritnya, telah dimasukkan kedalam program unggulan kabupaten ini yang tertuang dalam Perda RPJMD 2021-2026, yaitu peningkatan biaya operasional KAN, LKAAM dan Bundo Kanduang.

Menurut Eka Putra, keberadaan LKAAM sangat penting dan strategis dalam pelaksanaan tatanan adat istiadat di tengah tengah masyarakat. Dan LKAAM adalah lembaga sosial kemasyarakatan yang bersifat independen dan non partisan, didirikan berlandaskan filosofi adat Minangkabau yaitu Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah.

“LKAAM Tanah Datar yang selama ini bekerja dengan fasilitas seadanya, tentunya akan dapat mempengaruhi kinerja para pengurus lembaga adat ini. Karena itulah kita berharap dengan diserahkan mobil operasional ini tentu akan membantu tugas LKAAM sampai ke tingkat nagari dan jorong,” ujar Bupati Eka Putra.

Ketua LKAAM Tanah Datar Aresno Datuk Andomo menyampaikan terima kasih kepada Bupati Tanah Datar yang selama telah banyak memberikan bantuan kepada LKAAM Tanah Datar disamping fasilitas kantor dan kini juga dibantu kendaraan operasional.

“Karena itulah atas nama seluruh niniak mamak yang tergabung dalam LKAAM Tanah Datar sangat bersyukur dengan mobil operasional. Ini akan memudahkan kita dalam melaksananan tugas LKAAM dalam mendukung visi misi bupati Tanah Datar,” ujar Aresno Datuak Andomo.

Sebelumnya Pengurus LKAAM Tanah Datar diwakili Muslianto Dt. Majo Datuk dalam laporannya mengatakan pelatihan Ninik Mamak ini sudah dilakukan sejak tahun 2023 lalu.

“Sesuai dengan tema dari kegiatan ini, tujuannya adalah untuk meningkatkan kapasitas Ninik Mamak. Ini sudah berjalan dari tahun 2023. Untuk tahun ini, diadakan kembali tahun 2024 dengan peserta sebanyak 200 orang,” ujarnya.

Ia menyebutkan bahwa di kegiatan tersebut, akan dihadiri nara sumber yang berkompeten dibidangnya, diantaranya Ketua LKAAM Tanah Datar dan Sekretaris LKAAM Tanah Datar. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *