Pessel

Komunitas KIM Desa/Nagari Ikuti Bimtek Platform Digital

Painan, PilarbangsaNews.com,–

Direktorat Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Direktorat Jendral Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informarika Republik Indonesia menggelar Bimbingan Teknis Pemanfaatan Platfrom Digital Kemitraan Bagi Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) di Wilayah Sulawesi dan Ran PPDT dengan Narasumber Direktur Tata Kelola Kemitraan dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Dr.Hasyim Gautama dan Keynote Speaker Sekretaris Daerah Propinsi Sulawesi Utara, Drs Asrun Lio, M.Hum., Ph.D, serta narasumber Business Analyst KIM.id, Moehamad Wendy, dan diikuti oleh Dinas Kominfo Provinsi dan Kabupaten/Kota serta penggiat KIM Desa/Kelurahan, pada Selasa, 25 Juni 2024.

Kegiatan Bimtek Platform Digital ini juga diikuti Diskominfo Kabupaten Pesisir Selatan Propinsi Sumatera Barat dan Komunitas Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) daerah ini secara online atau virtal melalui Link Zoom Cloud Meeting: https://bit.ly/BimtekKIMSultra; dengan Meeting ID: 819 8574 0984 dan Passcode: bimtek.

“Dalam praktik dan aktivasi website KIM, perwakilan KIM dan Diskominfo yang mengikuti Bimtek ini diharapkan dapat menggunakan laptop masing-masing dan berada pada satu (1) ruangan yang sama untuk mempermudah koordinasi,”terang Nurul H. Putri, pelaksana kegiatan tersebut.

Dijelaskan, seluruh peserta wajib melakukan registrasi khusus peserta online melalui tautan berikut: *https://linktr.ee/bimtekkimsultra. Informasi lebih lanjut terkait kegiatan dapat dilihat pada surat undangan terlampir atau dapat menghubungi Saudari Andrea Amalia (WA: 081317653254 ).

Kegiatan Bimbingan Teknis Pemanfaatan Platfrom Digital Kemitraan Bagi Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) untuk Wilayah Sulawesi dan PPDT ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Propinsi Sulawesi Utara, Drs Asrun Lio, M.Hum., Ph.D. sekaligus sebagai keynote speaker dalam acara tersebut. Berikutnya, Direktur Tata Kelola Kemitraan dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Dr.Hasyim Gautama sebagai narasumber utama menyampaikan materi terkait pemanfaatan platform digital bagi peserta atau komunitas informasi masyarakat (KIM) dan potensinya sebagai media publikasi, komunikasi dan informasi publiki desa di Indonesia.

Kemudian ditutup oleh narasumber Business Analyst KIM.id, Moehamad Wendy, dengan aplikasi platform digital dan pembuatan website KIM Desa bagi peserta.

“Mitra KIM Desa/Keluarahan sebagai Pengguna Plaform Digital KIM ini diregistrasi secara online dan berjenjang: mulai dari Permohonan sebagai Mitra KIM Desa/Kelurahan didaftarkan/registrasi oleh admin Kabupaten melalui www.kelola.kim.id secara online, dan proses registrasi ini system langsung dimonitor oleh admin propinsi dan pusat,”tuturya.

Sementara itu, Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informarika Kabupaten Pesisir Selatan, Wildan, S.Ikom didampingi oleh Admin KIM Kahupaten, Yendi, S.Sos, yang juga antusias mengikuti bimtek platform digital KIM ini secara luring/virtual mengatakan, bahwa KIM ini sangat diperlukan untuk.menyampaikan pesan-pesan pembangunan ke publik.

Melalui plafform digital ini penyampaian pesan pembangunan menjadi lebih efektif dan progresif, karena adaptif dengan perkembangan informasi digital sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *