Tokoh Kita

Dubes Al Busyra Basnur Terima Anugerah Gelar Doktor Honoris Causa dari Kuyera Adventist University

Addis Ababa, Juli

Ethiopia Adventist College/Kuyera Adventist University di Ethiopia, menganugerahi gelar akademik Doctor Honoris Causa (Dr HC) kepada Duta Besar RI untuk Ethiopia Al Busyra Basnur atas jasa-jasanya di bidang diplomasi, khususnya pembangunan pemuda dan masyarakat antar bangsa.

Acara pengukuhan gelar Doktor HC diselenggarakan Minggu (30/6/2024) di kampus Kuyera Adventist University di Kota Kuyera, 200 km selatan kota Addis Ababa bersamaan dengan acara wisuda 341 mahasiswa college/universitas tersebut.

Hadir pada acara itu pimpinan college/universitas, dosen, pejabat pemerintah, sejumlah diplomat dan masyarakat Indonesia di Ethiopia.

Pemberian gelar Doctor Honoris Causa kepada Duta Besar Al Busyra Basnur berdasarkan keputusan pimpinan perguruan tinggi yang juga merujuk pada rekomendasi dan usulan beberapa perguruan tinggi dan pemerintah Ethiopia dalam hal ini Kementerian Luar Negeri Ethiopia.

Ethiopia Adventist College/Kuyera Adventist University adalah salah satu perguruan tinggi terkemuka di Ethiopia dengan jaringan internasional yang luas, termasuk dengan Indonesia.

Suasana penyerahan anugerah gelar Doctor Honoris Causa kepada Duta Besar RI untuk Ethiopia Al Busyra Basnur

Sejak bertugas tahun 2019, Duta Besar Al Busyra Basnur telah menerbitkan 10 buku, menyelenggarakan lebih 280 kegiatan diplomatik dan mendorong penandatanganan 32 MoU antar perguruan tinggi Ethiopia dan Indonesia.

Dari 10 buku yang diterbitkan itu, 3 buku adalah karya Duta Besar Al Busyra Basnur yang diterbitkan dalam tiga bahasa, yaitu Indonesia, Inggris dan Ethiopia. Sementara 7 buku lainnya adalah buku yang ditulis bersama oleh para akademisi, pemuda, pelajar dan tokoh terkemuka Indonesia dan Ethiopia.

Sebelumnya, Duta Besar Al Busyra Basnur menerima tiga penghargaan, yaitu Award of Appreciation karena perannya meningkatkan hubungan Indonesia dan Ethiopia yang disampaikan State Minister Kebudayaan dan Pariwisata Ethiopia (2019).

Tahun 2020, ia menerima Award dari organisasi pemuda terkemuka Ethiopia, Safe Light karena jasanya memajukan pemuda Ethiopia.

Sementara itu tahun 2022, Duta Besar Al Busyra Basnur dinobatkan sebagai Outstanding Ambassador for International Youth Development oleh O-Yes Global Foundation, sebuah organisasi pemuda antar benua, Afrika dan Asia yang berkantor pusat di Addis Ababa, Ethiopia.

“Saya bersyukur menerima gelar Doctor Honoris Causa ini dan berterima kasih kepada teman-teman dan semua pihak yang telah bersama saya menjalankan tugas dan misi diplomasi Indonesia di KBRI Addis Ababa,” kata Dubes Al Busyra Basnur, mantan Wartawan Harian Haluan dan Singgalang di Sumatera Barat tahun 80-an.

Menurut Dubes, anugerah gelar ini sesungguhnya adalah penghargaan kepada masyarakat dan bangsa Indonesia. “Gelar ini sesungguhnya adalah penghargaan untuk kita semua, masyarakat dan bangsa Indonesia,” tambah Dubes Al Busyra. (rel/gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *