Sumbar

Dari Punggung Gunung Menuju Panggung Setinggi Gunung, Nagari Sitapa Maju Lomba Nagari Berprestasi Tingkat Nasional

Limapuluh Kota, PilarbangsaNews

“Dari Punggung Gunung Menuju Panggung Setinggi Gunung” slogan yang digaungkan Nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu Padang Panjang (Sitapa) saat penilaian lomba Nagari/Desa dan Kelurahan Berprestasi tingkat provinsi beberapa waktu lalu nyatanya menjadi mantra ajaib yang menghantarkan nagari yang dikenal Sitapa ini maju ke tingkat nasional.

Terpilih sebagai Juara Pertama Nagari Terbaik, penghargaannya langsung diserahkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumatera Barat H. Amasrul, SH selaku Ketua Tim Penilai kepada Bupati Limapuluh Kota Safarudddin Dt. Bandaro bersamaan pada pembukaan Pekan Budaya di RTH Mahkota Berlian, Senin (01/07/2024).

Bupati Safaruddin mengungkapkan rasa bangga terhadap semangat dan keseriusan Nagari Sitapa dalam mengembangkan potensi yang ada.

“Dengan potensi yang dimiliki, kami optimis nagari Sitapa dapat tampil menjadi juara nasional. Semoga ini juga menjadi motivasi bagi nagari lainnya menghasilkan program-program inovasi dalam mengembangkan potensi nagari sebagai poros pembangunan daerah,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Sumatera Barat Amasrul, SH mengungkapkan bahwa peningkatan ekonomi melalui potensi-potensi yang dimiliki nagari Sitapa membuat dewan juri berkesan.

“Nagari Sitapa benar-benar menggunakan potensi nagari dan membuat inovasi yang luar biasa sehingga dewan juri bersama memutuskan Sitapa Nagari terbaik Sumatera Barat tahun ini,” ucap Kadis Amasrul, SH.

“Saya melihat kegigihan seorang wali nagari melihat potensi yang ada seperti mempertahankan pohon cemara yang merupakan inovasi dan tantang yang penuh juga bagi masyarakat sehingga menjadi potensi ekonomi,” ujar Kadis Amasrul yang didampingi Kabid Pemnag Desrianto Boy, S.Pd., M.Si.

Kadis PMD Sumbar Amasrul menambahkan, inovasi lainnya yang dimiliki oleh nagari Sitapa adalah pengembangan nagari digital sehingga ada podcast dan ruang-ruang yang dibangun oleh wali nagari bersama masyarat.

Selanjutnya Nagari Sitapa akan mengikuti penilaian tingkat nasional pada bulan Juli ini. (gk/wba)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *