Tanah Datar

Ratusan Jamaah Haji Asal Tanah Datar Pulang Selamat, Bupati Eka Putra Sampaikan Rasa Syukur

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM. menyambut ratusan jamaah haji asal daerah yang dikenal Luhak Nan Tuo, tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 7 Embarkasi Sumatera Barat, di Gedung Indo Jolito, Batusangkar, Senin (1/7/2024).

Kedatangan rombongan dari beberapa bus tersebut, turut disambut Ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi, Dt. Bungsu, Kapolres Tanah Datar AKBP Derry Indra, S.I.K, Dandim O307 Tanah Datar Letkol Inf. Agus Priyopujo Sumedi, S.I.P, M. Han, Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra dan seluruh Kepala OPD lingkup pemerintahan Tanah Datar.

Dikesempatan itu, Bupati Eka Putra menyampaikan rasa syukur dan bahagia atas kepulangan para jamaah haji asal Tanah Datar yang tiba dikampung halaman dengan selamat.

Ia pun berharap, agar para jamaah sesampai dikampung lebih intens memberikan pencerahan keagamaan bagi tetangga dan masyarakat sekitar, agar kebaikan terus mengalir.

“Semoga para jamaah menjadi haji yang mabrur dan bisa mengimplementasikan ditengah masyarakat, agar Tanah Datar yang kita cintai ini selalu dijauhkan dari bencana dan diridhoi dengan kebaikan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Tanah Datar H. Amril, S. Ag, MM. menyebutkan jika untuk tahun 2024, jumlah jamaah haji dari Tanah Datar sebanyak 289 orang jamaah.

Dari jumlah itu yang tergabung dalam Kloter 7 sebanyak 253 orang, dimana 99 perempuan, 154 laki-laki. Namun, saat masuk asrama haji sewaktu akan berangkat, satu jamaah laki-laki meninggal dunia.

“Artinya yang berangkat hanya 252 orang. Dari jumlah itu, kembali pulang saat ini hanya 251 orang, karena ada satu orang masih di rawat di Arab Saudi. Berkemungkinan pulang dengan kloter lain,” ujarnya.

Sedangkan, 36 orang lainnya tergabung dalam Kloter 17 dengan 15 orang laki-laki, dan 21 jamaah perempuan, yang kepulangannya akan menyusul.

“Para rombongan setiap kloter didampingi dua petugas. Jadi kami minta untuk setiap tahun kalau tidak bisa ditambah, minimal tetap bertahan dua petugas pendamping,” ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Perwakilan Jamaah Haji, Ustadz H. Arnis menyampaikan apresiasi ke Pimpinan Daerah yang selalu memantau dan memeriksa serta menanyakan kondisi jamaah terutama asal Tanah Datar saat berada di Tanah Suci.

“Kami selalu dihubungi saban hari oleh Bupati, melalui video call. Dan, selalu menanyakan kondisi para jamaah kita yang tengah menjalankan ibadah di Tanah Suci. Untuk itu, kami sangat mengucapkan terima kasih,” ujarnya. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *