Peduli

Masuk Masa Pemulihan Bencana, PMI Masih Berada di Tengah Masyarakat

Padang, PilarbangsaNews

Meskipun sudah beralih ke masa transisi darurat atau pemulihan pasca bencana Banjir Bandang Sumatera Barat, nyatanya Palang Merah Indonesia (PMI) hingga saat ini masih hadir dan memberikan layanan kemanusiaan untuk masyarakat terdampak.

Ketua PMI Provinsi Sumatera Barat, Aristo Munandar didampingi Plt. Ketua Bidang Penanggulangan Bencana dan Logistik, Hidayatul Irwan mengatakan PMI Provinsi Sumatera Barat bersama PMI Kab/Kota di daerah terdampak masih aktif melakukan giat-giat kemanusiaan seperti Aksi Bersih Lingkungan dan Distribusi Air Bersih.

Diketahui PMI telah mendistribusikan sebanyak 2.434.000 liter air bersih. Terhitung sejak masa tanggap darurat bencana pada 12 Mei lalu.

Selain itu, PMI juga mempersiapkan Layanan Kesehatan lanjutan untuk masyarakat yang terdampak bencana. Bukan hanya korban Banjir Bandang di Kabupaten Agama, Tanah Datar dan Kota Padang Panjang, namun PMI juga mempersiapkan untuk masyarakat di Kabupaten Pesisir Selatan yangterdampak Banjir dan Longsor pada Maret lalu.

“Kita tidak boleh lengah dengan kejadian yang menimpa Kabupaten Pesisir Selatan sebelum ini,” ucap Aristo saat dalam acara serah terima bantuan bersama PT. Triputra Visi Energi atau TRIVE di Markas PMI Sumbar (4/7/2024).

Aristo juga menyampaikan bantuan yang dihantarkan PMI kepada masyarakat terdampak sampai sekarang ini merupakan wujud realisasi amanah dari Donatur-Donatur yang menyalurkan bantuannya melalui PMI. Sebagaimana tugasnya membantu pemerintah dalam hal kebencanaan, PMI siap menjadi penyambung antara tangan diatas dan tangan dibawah. “Seperti halnya kedatangan perwakilan TRIVE di Markas PMI Sumbar, mengantarkan donasi untuk masyarakat Sumatera Barat,” ucap Aristo.

Sejalan dengan itu, Gabrielle Elkens, HRBP Specialist PT. Triputra Visi Energi (TRIVE) mengakui bahwa pihaknya telah menghubungi PMI Provinsi Sumatera Barat sejak memperoleh informasi kejadian bencana di Sumatera Barat bulan Mei lalu. “Kami melihat progresnya PMI, dan terbukti sampai saat ini PMI masih bersedia membantu kami dan masyarakat,” Kata Gabrielle atau yang akrab disapa Aby.

Perihal alokasi donasi senilai Rp50.000.000 yang diberikan perusahaanya, Aby mempercayakan sepenuhnya kepada PMI Provinsi Sumatera Barat. “Komunikasi dan diskusi kita sudah sangat panjang bersama PMI Sumbar. Jadi urusan kemana donasi ini disalurkan dan dalam bentuk apa, kami serahkan kepada PMI Sumbar,” tegas Aby.

Aby berharap melalui bantuan-bantuan ini, masyarakat Sumatera Barat semakin bersemangat memulai aktifitas kehidupan yang baru, pasca terjadinya bencana di tempat mereka tinggal. (Rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *