50 Kota

Bupati Resmikan Jalan Usaha Tani Dana Desa di Nagari Guguak VIII Koto

Limapuluh Kota
PilarbangsaNews

Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo resmikan pemakaian jalan usaha tani melalui Dana Desa (DDS) tahun 2024 di Nagari Guguak VIII Koto Kecamatan Guguak, Senin, ( 15/7/2024).

Jalan usaha tani dapat memberikan
manfaat sebesar besarnya untuk kepentingan masyarakat sekitar,
untuk memperlancar pengangkutan sarana produksi menuju lahan pertanian, atau sebaliknya mengangkut hasil produksi pertanian dari lahan, kata Bupati Safaruddin.

Program pemerintah dalam pembangunan fisik dilakukan secara bertahap, yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Baik itu jalan nasional, jalan provinsi, jalan kabupaten dan jalan desa,ucap Safaruddin.

Pembangunan harus melihat skala prioritas, kebutuhan yang mendesak yang dapat digunakan orang banyak. Membawa hasil pertanian, mempermudah akses pendidikan dan lainnya, tambah Safaruddin.

Lebih lanjut kata Safaruddin, Jalan usaha pertanian memiliki peran penting dalam meningkatkan produktivitas pertanian, mempermudah transportasi hasil pertanian dan aksesibilitas ke lahan pertanian, serta meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat di sekitar lahan pertanian.

Wali Nagari VIII Koto, Mulyadi mengatakan, pekerjaan jalan usaha tani mulai dari awal yang berupa pematang sawah. Jalan yang menghubungkan Jorong Balai Talang, Jorong Pincuran Batuang dan Jorong Ketinggian.

Menurut Mulyadi, panjang jalan 166 meter lebar 3 meter dibangun melalui Dana Desa (DDS) tahun 2024 sebesar Rp384.764.400 dengan waktu kerja 120 hari. Pelaksana adalah TPK Jorong Pincuran Botuang.

“Dengan selesainya pekerjaan jalan usaha tani ini, dapat mempermudah urusan, usaha tani dan pendidikan,” kata Mulyadi.

Sementara warga setempat Fitria dan Afroza kader Posyandu dan Bundo Kanduang sangat berterima kasih kepada Bupati yang telah meresmikan jalan Usaha tani, yang mempermudah akses jalur transportasi dan usaha tani masyarakat.

Pada kesempatan itu Bupati Safaruddin meletakkan Batu Pertama pembangunan Panti Asuhan dan Lembaga Pendidikan Islam Nur Animar Djamil, atas bantuan donatur perantau Arfan dari Menado.(wba)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *