Tanah Datar

Buka Pelatihan Membuat Dalamak, Bupati Eka Putra Ajak untuk Manfaatkan Makan Rendang

Tanah Datar, PilarbangsaNews

Sebanyak 20 orang di Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar mengikuti pelatihan membuat Dalamak yang berlangsung dari tanggal 20-29 Juli 2024.

Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM. saat membuka pelatihan tersebut, di Aula Kantor Wali Nagari Koto Tangah, Sabtu (20/7/2024), berharap kegiatan itu, sebagai upaya dalam meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

“Semoga melalui pelatihan ini, lahir tenaga terampil dalam membuat Dalamak, sehingga membuka peluang baru dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Bupati Eka Putra.

Bupati Eka Putra menambahkan selepas pelatihan tersebut, peserta bisa memanfaatkan program Maksimalkan Pemberantasan Rentenir Agar Hilang di Tanah Datar (Makan Rendang) untuk keberlanjutannya.

“Setelah mengikuti pelatihan ini, ada program Makan Rendang untuk mendukung permodalan. Program ini, tanpa angunan dengan pinjaman maksimal sebesar Rp. 10 juta yang ditujukan untuk pelaku UMKM. Tentuanya, sesuai dengan regulasi,” ujarnya.

Bupati Eka Putra berpesan kepada seluruh peserta untuk mengikuti rangkaian pelatihan Dalamak secara serius, “Ikuti kegiatan ini, dengan sepenuh hati, karena keterampilan yang didapat, tidak hanya sebagai sarana untuk mentrasfer ilmu, secara tidak langsung menjadi sarana dalam melestarikan kerajinan di daerah,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Nagari Koto Tangah Radi’is mengucapkan rasa terima kasihnya atas dukungan Pemerintah Daerah Kabuapten Tanah Datar sehingga pelatihan Dalamak dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

“Semoga dari 20 perserta yang mengikuti pelatihan Dalamak, dapat melakukan berbagai inovasi. Kita berharap, keterampilan didapat selama pelatihan diajarkan ke masyarakat lainnya. Dan, terimakasih untuk dukungan Pemerintah Daerah dipelaksanaan pelatihan ini,” ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Ketua Pelaksana Randi Hargianto, mengatakan 20 orang peserta pelatihan Dalamak terdiri dari PKK dan Lembaga Unsur Bundo Kanduang Nagari Koto Tangah.

“Program latihan pembuatan Dalamak dirancang untuk membantu peserta mengembangkan keterampilan dan kompetensi khusus. Mudah-mudahan apa yang menjadi tujuan dari pelatihan ini, dapat teraplikasikan di tengah-tengah masyarakat,” ujar Randi Hargianto yang turut disaksikan Camat Tanjung Emas Zulkifli, S.Sos, Tokoh Masyarakat dan Tamu undangan lainnya. (Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *