Sumbar

KI Sumbar Takjub Inovasi Desa Nagari III Koto Aur Malintang, Disarankan Buka Pusat Studi Tiru PPID

Padang Pariaman, PilarbangsaNews

Sebelum dimulai penilaian Apresiasi Monev Desa Tahun 2024, Komisi Informasi (KI) Sumbar mengunjungi tiga kategori desa/nagari yang diutus jadi wakil Sumbar, salah satunya Nagari III Koto Aur Malintang, Kabupaten Padang Pariaman sebagai Desa/Nagari dengan Kategori Maju pada Sabtu (10/8/2024).

Kedatangan Koordinator Apresiasi Monev Desa 2024 dari KI Sumbar, Mona Sisca bersama Wakil Ketua KI Sumbar Tanti Endang Lestari didampingi Kabid IKP Kabupaten Padang Pariaman, Heri Sugianto, langsung disambut oleh Pj Wali Nagari III Koto Aur Malintang Mitra Susanto.

“Penilaian Apresiasi Monev Desa tahun ini berbeda dengan tahun lalu, yakni terbagi dalam tiga kategori yaitu Kategori Desa Maju, Desa Berkembang dan Desa Tertinggal. Dan Nagari Aua Malintang masuk dalam Kategori Desa Maju yang kita kirim ke pusat setelah berkoordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar,” ucap Mona Sisca yang juga Wakil Ketua Monev KI Sumbar 2024.

Tim Apresiasi Monev Desa 2024 khususnya Waka Ki Sumbar terkesima melihat inovasi nagari. Nagari III Koto Aur Malintang dinilai paling siap untuk mengikuti ajang apresiasi Monev Desa Keterbukaan Informasi tahun ini guna mewakili Provinsi Sumatera Barat.


Selain koordinasi, kunjungan ini bertujuan untuk melakukan pembinaan terhadap Pejabat Pengelola Informasi Desa (PPID) di tingkat nagari sesuai dengan indikator penilaian. Tim Monev juga mendorong dibukanya inovasi baru yaitu Pusat Studi Tiru PPID.

Sementara itu, Pj Wali Nagari III Koto Aur Malintang, Mitra Susanto, S.Sos didampingi Sekretaris Nagari Jefri, SE mengungkapkan bahwa keikutsertaan Nagari III Koto Aur Malintang dalam ajang Apresiasi Keterbukaan Informasi Publik sudah dari tiga tahun yang lalu. Mudah-mudahan masyarakat semakin tahu dengan apa yang dilakukan pemerintahan nagari. “Keterbukaan ini merupakan kebutuhan yang tak dapat kita elakan di era digital sekarang,” kata Mitra Susanto.

Sebelumnya tim dari Dinas PMD Provinsi Sumbar juga telah mengunjungi Nagari III Koto Aur Malintang dalam mempersiapkan nagari ini mengikuti Apresiasi Monev Desa Tahun 2024. (gk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *