Pilkada 2024

Naik Bendi Berdua, Paslon Mahyeldi-Vasko dari Masjid Raya Menuju KPU Sumbar

Padang, PilarbangsaNews

Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi dan Vasko Ruseimy, secara resmi telah mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar pada Selasa, 27 Agustus 2024.

Kegiatan pendaftaran ini diawali dengan shalat dzuhur berjamaah di Masjid Raya Syekh Khatib Al Minangkabawi, yang kemudian dilanjutkan dengan doa bersama.

Setelah acara doa bersama, rombongan Mahyeldi-Vasko menaiki arak-arakan Bendi, transportasi tradisional Minang, yang diiringi oleh sejumlah petinggi koalisi serta ratusan pendukung dan simpatisan.

Dalam iringan tersebut, tampak hadir Ketua DPD Gerindra Sumbar Andre Rosiade, Ketua DPD Demokrat Sumbar Mulyadi, Sekretaris DPW PKS Sumbar Rahmat Saleh, dan Ketua DPW Perindo Sumbar Rifo Darma Putra beserta beberapa petinggi Partai PBB Sumbar.

Setibanya di kantor KPU Sumbar sekitar pukul 14.10 WIB, rombongan disambut dengan alunan musik tradisional Minang dan para komisioner penyelenggara Pemilu di daerah tersebut.

Ketua KPU Sumbar, Surya Efitrimen menyatakan bahwa berkas persyaratan yang diajukan oleh pasangan calon tersebut telah diterima oleh pihak penyelenggara. “Setelah menerima berkas, kami akan melakukan verifikasi terhadap dokumen yang diberikan,” ujar Surya di sela-sela proses pendaftaran.

Surya menambahkan bahwa jika ditemukan dokumen yang belum lengkap, pasangan calon akan diberikan waktu untuk melakukan perbaikan. “Nantinya ada masa perbaikan yang diberikan,” tambahnya.

Proses pendaftaran akan ditutup pada 29 Agustus 2024, dan KPU Sumbar telah menjadwalkan pemeriksaan bagi pasangan calon dimulai pada 30 Agustus 2024 mendatang.

“Kami juga memberikan pengantar untuk pemeriksaan kesehatan. KPU telah menunjuk Rumah Sakit M Djamil Padang untuk melakukan pemeriksaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan standar operasional prosedur rumah sakit,” jelas Surya.

Penetapan pasangan calon akan dilakukan pada 22 September 2024, setelah verifikasi dokumen dinyatakan lengkap dan diterima. “Apabila setelah diverifikasi keabsahan dokumen dinyatakan lengkap dan diterima,” ujar Surya.

Sementara itu, Mahyeldi mengungkapkan rasa terima kasihnya atas diterimanya dokumen persyaratan mereka bersama Vasko Ruseimy. “Kami berterima kasih kepada KPU yang telah menerima berkas dokumen hari ini. Mudah-mudahan dilancarkan untuk verifikasi hingga penetapan nantinya,” kata Mahyeldi.

Mahyeldi juga mengajak seluruh pihak untuk memberikan dukungan guna kelancaran proses hingga hari pemilihan. “Kami juga mohon dukungan kepada parpol pendukung, pengurus dari tingkat pusat hingga ranting untuk kelancaran Pilkada 2024 ini. Nanti juga dari kampanye sampai hari pemilihan nantinya,” sebut Mahyeldi. (Gilang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *