Pilkada 2024

Singa Parlemen RI Itu Kini Bertarung di Kampung Halaman, Kita Tunggu Hasilnya!

Agam, PilarbangsaNews

Guspardi sebagai Anggota DPR RI periode 2019-2024 termasuk singa parlemen. Sikap dan statement selalu diburu juru berita bermacam platform media seperti online, cetak, radio dan televisi.

Aktualisasi Guspardi Gaus sebagai politisi senior asal Ranah Minang tidak didapat sekejap waktu, Guspardi Gaus melewati panjang berliku di karir nya. dia pun terkadang jatuh bangun dalam bertarung di ring politik.

Dan hebatnya Pak GG (Guspardi Gaus) jika sebagian besar politisi hanya sanggup dan berani bertarung di ranah legislatif saja maka berbeda dengan Guspardi Gaus.

Pak GG (nama top Guspardi Gaus,red) berulang kali turun gunung bertarung di ranah eksekutif, pernah tercatat sebagai calon Wali Kota Bukittinggi dan bersaing ketat dengan Drs Djufri (2000-2005). Dalam Pilkada tak langsung ini Guspardi hanya kalah 1 suara dari Drs Djufri setelah 5 (lima) kali proses pemungutan suara.

Guspardi pun pernah tercatat sebagai Calon Wali Kota Padang Panjang dan terakhirnya Calon Bupati Agam yang bersaing ketat dengan Dr Indra Catri dalam Pemilu putaran kedua (2005-2010).

Di ranah legislatif, Guspardi mengawali karirnya tahun 1999-2004. Kala itu Guspardi Gaus terpilih menjadi anggota DPRD Sumbar dan menjadi Wakil Ketua Komisi B DPRD Sumbar. Selama mengemban amanah, Guspardi dikenal kritis dan solutif. Tak jarang Guspardi dijadikan sebagai tandem untuk berdiskusi oleh teman teman se dan antar fraksi, termasuk mitra kerja di eksekutif. Kerja nyata inilah yang membuat Guspardi Gaus kembali dipercaya menjadi anggota DPRD Sumbar untuk periode 2004-2009.

Sempat maju menjadi calon anggota DPR-RI diperiode 2009-2014 namun Guspardi masih kurang beruntung. Dan Pemilu legislatif 2014-2019 menjadi ajang come back bagi Guspardi Gaus ke DPRD Sumbar. Bersama PAN, Guspardi berhasil terpilih dan meraih kursi Wakil Ketua DPRD Sumbar. Dari sinilah karir politik Guspardi kembali melejit.

Guspardi itu politisi ulet dan gigih apalagi untuk bela rakyat dan daerah pemilihannya. Pernah menang pernah kalah adalah dinamika karir politik seorang politisi. Itulah Guspardi sang petarung politik sejati.

Pemilu legislatif 2019-2024 menjadi momentum pembuktian bagi Guspardi Gaus. Walau berstatus politisi lokal (Wakil Ketua DPRD Sumbar), namun Guspardi Gaus tak gamang untuk bertarung dengan sejumlah nama besar di Dapil 2 Sumbar untuk DPR-RI (Pariaman, Padangpariaman, Pasaman, Pasaman Barat, Agam, Bukittinggi, Payakumbuh dan Limapuluh Kota).

Dalam Pemilu 2019 Guspardi harus bertarung dengan enam orang incumbent. Ada Mulyadi (Demokrat), Ade Rezki Pratama (Gerindra), Refrizal (PKS), Iqbal (PPP), Jhon Kenedy Azis (Golkar), hingga akhirnya Guspardi Gaus terpilih menjadi Anggota DPR-RI.

Kini Guspardi Gaus maju menjadi Calon Bupati Agam 2025-2030 bersama dengan Yogi Yolanda. Bagaimana peruntungan Guspardi Gaus kali ini? Kita tunggu. (Gilang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *