Pilkada 2024

Diikuti Puluhan Wartawan, Dewan Pers Gelar Workshop Peliputan Pemilu dan Pilkada 2024

Padang, PilarbangsaNews

Dalam rangka menghadapi Pilkada Serentak 2024, Dewan Pers menggelar workshop peliputan Pemilu/Pilkada yang dihadiri oleh puluhan jurnalis di Sumatera Barat, Kamis (5/9/2024) di Santika Hotel Padang.

Workshop yang dibuka langsung oleh Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pemberitaan terkait pemilihan umum, serta menjaga independensi dan profesionalitas pers dalam meliput proses demokrasi.

Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu dalam sambutannya menekankan bahwa pers memiliki peran strategis dalam menjaga demokrasi tetap sehat. “Jurnalis harus bisa menjaga jarak dari berbagai kepentingan politik dan tetap berpihak pada kebenaran serta kepentingan publik,” ujar Ninik Rahayu.

Ketua Dewan Pers juga mendorong insan pers untuk lebih berhati-hati dalam menyaring informasi sebelum dipublikasikan, mengingat dampak besar yang bisa ditimbulkan oleh berita yang tidak akurat.

Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu memberikan materi dalam Workshop Peliputan Pilkada 2024

Workshop ini juga membahas tentang kode etik jurnalistik dan panduan peliputan Pemilu yang telah disusun oleh Dewan Pers, serta pentingnya perlindungan jurnalis yang sedang melaksanakan tugas di lapangan.

“Dengan adanya workshop ini, kita berharap jurnalis di seluruh Indonesia dapat berperan aktif dalam menyukseskan Pemilu dan Pilkada 2024 dengan pemberitaan yang berkualitas, akurat, dan beretika,” harap Ninik.

Dalam workshop tersebut, para peserta juga mendapatkan materi dari berbagai narasumber diantaranya Komisioner KPU Sumbar Jons Manedi, Komisioner Bawaslu Sumbar Muhammad Khadafi, Ketua KPID Sumbar Robert Cenedy serta praktisi data Pangi Syarwi Chaniago. (Gilang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *