.

Soal Nataru, Jubir Satgas Covid-19: Prokes dan Vaksinasi Tingkatkan!

Jakarta, PilarbangsaNews

Juru Bicara Satuan Tugas Coronavirus Disease 2019 (Satgas Covid-19), Wiku Adisasmito berkesempatan menyampaikan Keterangan Pers Juru Bicara Pemerintah Untuk Penanganan Covid-19, Jakarta 25 November 2021.

“Saat ini kasus mingguan di Indonesia 2564 lebih sedikit dibandingkan titik terendah sebelum lonjakan yaitu 26126,” sampainya.

Wiku juga menyampaikan bahwa Indonesia perlu berhati-hati dalam melakukan pembukaan bertahap terlebih mengingat sebentar lagi akan masuk periode Natal dan tahun baru.

“Pembatasan kegiatan masyarakat perlu dilakukan dengan segera begitu kasus menunjukkan kenaikan,” ucap Wiku.

“Oleh sebab itu pemda dimohon untuk tanggap terhadap kondisi kasus di daerahnya masing-masing, utamanya bagi daerahnya sudah mengalami kenaikan. Mohon segera melakukan upaya pengendalian kasus sebelum terlambat,” sambungnya.

Jubir Satgas Covid-19 ini juga memnyampaikan kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat besar dampaknya terhadap kondisi ekonomi, sedangkan strategi vaksinasi meskipun menghindarkan kematian dan keparahan gejala tetap tidak bisa menghindarkan penularan.

“Oleh sebab itu, disiplin protokol kesehatan adalah cara yang mudah, murah, dan efektif untuk mencegah naikknya kasus. Dan harus membersamai strategi pengendalian lainnya,” lanjut Wiku.

Selain itu cakupan vaksinasi dosis lengkap di Indonesia perlu untuk terus dikejar. Mengingat saat ini masih kurang dari lima puluh persen.

“Cakupannya dosis lengkap menjadi fokus target capaian kita, karrna dengan dosis lengkap masyarakat dapat terlindungi secara maksimal dibandingkan dengan dosis satu saja,” ujat Wiku.

Maka dari itu tidak menutup kemungkinan Indonesia bisa lolos dari ancaman gelombang ketiga pasca periode nataru (Natal dan Tahun Baru) nanti jika setidaknya penerapan protokol kesehatan serta cakupan vaksinani terus ditingkatkan.

” Ini bukan hal yang mudah namun dengan gotong royong antara seluruh lapisan masyarakat dan pemerintah ini bisa saja tercapai,” tutup Wiku. (Gian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *