Dharmasrya, Pilarbangsanews. Com –  Kembali Alek Nagari diselengarakan di Nagari Tabing tinggi Kecamatan Pulau Punjung. Setiap tahunnya selepas hari raya idul fitri tepatnya setelah melaksanakan puasa enam (6) tak pernah absen digelar. Alek Nagari Tabing Tinggi  dihadiri oleh Bupati Dharmasraya sutan Riska Tuanku Kerajaan,Selasa (18/7/2017 ) beserta Pimpinan dan anggota DPRD, FORKOMPIMDA, Asisten, kepala OPD,  Camat serta Wali Nagari se-Kecamatan Pulau Punjung.

Berbagai  acara digelar untuk meyemerakkan Alek Nagari ini, ada ilmu bela diri tradisi silek harimau yang dipimpin oleh Datuak Salman, ada tari pasambahan dan rangkaian adat lainnya. Alek Nagari Tabing Tinggi ini diliput langsung stasiun televis Nasional TRANS 7 yang akan ditayangkan dalam program JEJAK PETUALANGAN TRANS 7.

Dalam sambutan Bupati Sutan Rista, mengapresiasi alak yang sebuah tradisi lama yang masih tetap lestari. Pemerintah Daerah, kata Sutan, perlu menyampaikan  penghargaan kepada seluruh masyarakat dan semua pihak atas partisipasi dan dukungan atas pelaksanaan pembangunan di tingkat nagari, sesuai dengan program pemerintah daerah yang berpendidikan dan berbudaya.
 

Bupati merasa bangga dengan disuguhkannya penampilan yang begitu luar biasa tanpa menghilangkan adat, seni dan budaya minang kabau yang sesungguhnya.

 

Sebagai tokoh muda anak nagari dan juga sebagai anggota DPRD Heri Saputra yang mengerakan anak muda nagari, khususnya nagari Tabing Tinggi untuk mengiatkan dan mengaktifkan adat, seni dan budaya. ( Rjl/ Hms)

By Pilar