Pilarbangsanews.com. Ada yang ingin belajar Sup Asam Padeh hasil racikan resep pengacara kondang DR Elza Syarief,SH MH?

Silahkan nanti inbox ambo (penilis-red) sebab ambo akan diajari meracik resep hasil racikan pengacara kondang itu.

Menurut Elza Syarief, dia hobi memasak, jika hari libur dan tak sedang manangani kasus di  pengadilan, pengacara cucu Rang Batang Kapeh ini, menyalurkan hobi sebagai chef (tukang masak)

“Saya tahu bagaimana cara menghilangkan bau amis ikan. Sup Asam Padeh ini bahan utamanya adalah ikan yang memiliki daging tebal. Kalau mau tau rasanya nanti kalau pak YY datang ke Jakarta mampir dirumah saya akan saya buatkan Sup Asam Padeh,” katanya lewat pesan WhatsApp.

Elza Syarief ingin adanya peningkatan penikmat konsumsi kuliner berbahan utama ikan.

Kabupaten Pesisir Selatan yang memiliki garis pantai lebih dari 240 KM memiliki pontensi produk ikan yang begitu besar beragam jenis dam spesies ikan untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga.

Dengan potensi itu, sangat disayangkan apabila masyarakat tidak dapat menikmati kesejahteraan hidup dari kekayaan laut yang dimiliki.

“Hasil tangkapan nelayan kita kini masih berkutat memenuhi konsumsi lokal, paling dipasarkan keluar provinsi tetangga. Belum ada yang mampu menembus pangsa pasar luar negeri.”

Masalahnya, Menurut Elza, disebabkan nelayan kita belum mampu mengawetkan ikan. Pengaweten melalui cold store memerlukan modal besar perlu dicarikan investor yang mau berinvestasi disektor kelautan ini. 

“Kita punya cara lain untuk mengawetkan Ikan segar. Yakni melalui packing vacuum setelah ikan segar itu dilumuri bumbu khas daerah masing-masing. Jika ini bisa dilakukan tinggal  mencarikan pembeli dari korea, jepang dan china,” ujar Ketua umum Parwara ( Persatuan Wanita Wira Usaha) Indonesia ini.

Kembali pada resep racikan Sup Asam Padeh, menurut  Elza,  Insya Allah jika nanti dia pulang kampuang. Elza akan mencoba mendemokan cara memasak Sub Asam Padeh.

“Kapan ya pak YY,  ke Jakarta,  saya buatkan sup asam padeh , dan ksh komentar apa yg kurang rasa khas Minang ya ? Pasti  enak,  dijaminan mutu,  karena  gua hobby memasak lho,” tutup Elza Syarief. (YY)

By Pilar