PAINAN, HALUAN – Kecamatan Koto XI Tarusan, tercatat yang pertama kali terkait pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan/Pedesaan (PBB/P2) di Kabupaten Pesisir Selatan.

Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda), Desrianto Putra melalui Kasubid Penetapan, Forzil, mengatakan, hingga saat ini, diperkirakan nagari yang sudah menyetorkan pelunasan PBB/P2 di Kecamatan Koto XI Tarusan diperkirakan sudah mencapai 95 persen.

“Sampai pukul 13.00 WIB hari ini, hanya dua nagari diantara 23 nagari di Kecamatan Koto XI Tarusan, yang belum menyetorkan pajak PBB/P2. Namun, hari ini berkemungkinan tuntas, sebab tadi Walinagari Kapuh Utara dan Walinagari Sungai Nyalo Mudiak Aia menelpon saya, dan mereka sedang dalam perjalanan menuju ke kantor ini,” sebutnya di Painan. Rabu (2/8).

“Nanti, bagi Walinagari yang telah mencapai 100 persen pelunasan pajak PBB/P2 sebelum jatuh tempo (30 September), maka akan diberikan piagam penghargaan oleh Bupati Hendrajoni. Dan untuk saat ini, Kecamatan Koto XI Tarusan yang tertinggi,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Koto XI Tarusan, Gusdan Yuwelmi, kepada Haluan mengatakan, dengan adanya pelunasan pajak oleh 23 nagari tersebut, pihaknya juga ikut memberikan apresiasi kepada nagari. Sebab, telah menunjukan kesadaran bagi masyarakat ditengah-tengah nagari untuk taat pajak.(h/mg-kis)

By Pilar