PILARBANGSANEWS.COM.BUKITTINGGI

Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias sebagai Inspektur pada upacara prosesi Dharma Astha Brata pernikahan purna praja Trisito  Festyano, S.STP dengan drg.Fradila Nora Syair yang digelar di Perumahan Lambah Permai Kab.Agam pada hari Sabtu (12/8). Trisito merupaka purna praja angkatan XX lulusan tahun 2013 Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) yang saat ini bertugas sebagai Kepala Seksi Pemerintahan di Ktr.Camat Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi.

Prosesi pernikahan purna praja Dharma Astha Brata merupakan tradisi korps IPDN dalam mengantar sekaligus memberi penghormatan kepada purna praja yang akan melangkah memasuki kehidupan berumah tangga. 

Tampak dalam prosesi upacara tersebut barisan purna praja IPDN Bukittinggi kampus Sumatera Barat yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan purna praja dari Bukittinggi dan Agam mengiringi kedua mempelai memasuki ruang resepsi dengan langkah tegap. Setibanya diposisi tengah ruang resepsi membentuk formasi Bintang Astha Brata yang merupakan symbol bagi seseorang pemimpin berjiwa pamong praja.

Selanjuntnya Walikota Ramlan Nurmatias mengenakan cincin kepada mempelai pria dan memberikan baju Dharma Wanita kepada mempelai wanita.

Prosesi Dharma Astha Brata memiliki arti bahwa prosesi ini sebagai simbol pembekalan bagi purna praja sebagai Abdi Negara dan Abdi masyarakat yang berlaku dengan jiwa Astha Brata.  Dijelaskan oleh pembawa acara bahwa Astha Brata merupakan wejangan yang berisikan delapan laku, delapan perbuatan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin berjiwa pamong praja. Selanjutnya dikatakan purna praja dituntut menyelami antara lain watak matahari yang memberikan kehidupan, watak Bulan yang menerangi, watak bintang yang menjadi pedoman arah, watak Angin yang senantiasa bergerak, watak Mendung yang berwibawa, watak Api yang memberikan semangat, watak Samudera yang berpandangan luas dan watak Bumi yang memberikan kemakmuran.

“Pamong praja muda kini tibalah engkau ke gerbang masa depan. Jadilakanlah pengabdianmu laksana pilar yang menjadi penyangga bangsa ini. Wahai putri pilihan, jadilah engkau laksana melati yang putih. Senantiasa tunjukkan kerelaan dan keikhlasanmu sebagai pendamping setia. Pamong praja muda selamat menempuh hidup baru dalam behtera kebahagiaan, mengemban tugas membina rumah tangga sekaligus tugas sebagai Abdi Negara dan abdi masyarakat. Bentuklah keluarga yang sakinah, didalamya engkau akan menoreh sebuah sketsa kehidupan masa depan. Lahirkan putra-putri Indonesia yang membanggakan sebagai generasi penerusmu mewarisi cita-cita luhurmu mengabdi kepada masyarakat dan akan selalu berbakti kepada Nusa dan bangsa,” sayup –sayup terdengan suara Lilia Ardila, S.Stp  purna praja angkatan XXIII yang saat ini bertugas di Kab.Pasaman selaku pembawa acara mengiringi langkah para praja.
Dalam kesempatan itu, Walikota Ramlan mengucapkan selamat atas pernikahan Trisito Festyano dengan Fradila Nora Syair. Sito merupakan Putra dari pasangan H.Yollis Andri, Mpd (pensiunan peg.Pemko Bukittinggi) dengan Dr.Hj. Emmyarti  Aswarie sedangkan Nora merupakan putri dari Syarbaini E dengan Mirma Irda.

“selamat untuk kedua mempelai semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah dan warrahmah. Kalau dahulu orang tua cuma berdua sekarang sudah berempat dan jangan pernah dibedakan lakukan hal yang sama, kalau ada permasalahan upayakan pecahkan berdua terlebih dahulu, tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan, Selamat berbahagia dan selamat menempuh hidup baru,” pesan Walikota Ramlan. (ylm)
 

By Pilar