Pilarbangsanews.com, Tasikmalaya – Pasukan pengibar bendera (Paskibra) yang mengenakan cadar saat upacara HUT ke-72 RI ramai di media sosial. 

Foto-foto tersebut merupakan kegiatan peringatan HUT RI yang diadakan di Kecamatan Cisayong, Tasikmalaya.
Pelaksana petugas upacara merupakan siswa-siswi Madrasah Aliyah dan SMK Pondok Pesantren Idrisiyyah, Cisayong, yang ditunjuk dan telah melalui proses seleksi dari Pondok Pesantren.

Kepala Divisi Public Relation Pesantren Idrisiyyah, Sandra Yusuf Fadris, mengatakan foto tersebut diambil saat upacara di Lapangan Lodaya Kecamatan Cisayong, Kota Tasikmalaya, pada Kamis, 17 Agustus 2017 pagi.

“Foto itu saat upacara 17 Agustus kemarin. Petugasnya dari siswa-siswi yang ikut ekskul Paskibra dan disaring yang terbaik,” kata Yusuf, Sabtu (19/8).

Yusuf mengatakan para siswi yang menjadi petugas pengibar bendera memang menggunakan cadar. Sebab mereka dalam keseharian juga menggunakan cadar.

“Semua santri di sini dari dulu sudah memakai niqap atau cadar,” katanya.

Menurutnya paskibra bercadar sudah biasa di Cisayong, Tasikmalaya. Hal ini justru membuktikan bila cadar yang merupakan syariat agama dan berfungsi untuk perlindungan diri ternyata tidak menghalangi aktivitas.

“Kami membuktikan cadar itu tidak membatasi beraktivitas, ada ekskul Paskibra, Pramuka juga ada di sini,” ucap Yusuf.(ws)

By Pilar