Pilarbangsanews.com, Salido,- Sorenya ibu ibu bidan dan perawat di Puskesmas Salido Kecamatan IV Jurai, Sumbar mengadakan simulasi penanggulangan kebakaran. Subuh dini hari Sabtu (26/8) kebakaran itu benar benar terjadi dan menghanguskan arsip surat surat penting di ruangan Bendahara Puskemas tersebut.

Elly Febriani bidan Puskesmas di Salido kepada Pilarbangsanews.com lewat pesan WhatsAppnya mengatakan, kebakaran itu terjadi dini hari pagi tadi. Pertama diketahui oleh Idar salah seorang CS (cleaning services).

Idar yang setiap paginya membuka pintu dan membersihkan pekarangan ruangan Puskesmas Salido melihat api telah membasar, Idar memekik minta tolong karena merasa kaget.

Mendengar Idar memekik minta tolong warga disekitar komplek Puskesmas itu berhamburan keluar rumah.

“Saya ditelp oleh salah seorang warga disana mengabarkan kejadian itu. Waktu itu juga langsung saya hubungi petugas mobil unit kebakaran di Painan ” kata Ely Febriani.

Beberapa menit kemudian mobil unit pemadam kebakaran meluncur ke tempat kejadian dan dengan sigap berusaha menjinakkan Sijago merah.

Namun demikian api telah menghangus ruangan keuangan. Diruangan itu tersimpan asrip dokumentasi arsip untuk menghadapi penilaian akreditasi Puskesmas itu.

“Malam tadi kami lembur mempersiapkan semua dokumen untuk menghadapi penilaian peningkatan akreditasi itu. Kini semua sudah hangus terbakar, padahal penilaian itu akan dilaksanakan pada hari Senin lusa,” kata Eli sedih.

Kapolres Pesisir Selatan AKBP Ferri Herlambang ketika dihubungi lewat aplikasi WhatsAppnya, membenarkan kejadian itu.

Menurut Ferri berdasarkan hasil penyelidikan sementara api berasal berasal dari korsleting (hubungan pendek) listrik.

Namun anak buahnya di TKP (Tempat Kejadian Peristiwa) kini masih mengumpulkan bukti bukti untuk mencari penyebab sarana dan prasarana kesehatan itu terbakar. (YY)

By Pilar