.

Empat Pilar Kebangsaan Harus Terus-menerus Disosialisasikan

Pilarbangsanews.com.Padang,-  Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta Odang yang akrab disapa Oso menegaskan, semangat kebangsaan dan cinta tanah air serta gaung pemahaman terhadap Empat Pilar Kebangsaan harus terus menerus disosialisasikan.


“Empat Pilar Kebangsaan yang dimaksud itu adalah, Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Ke 4 pilar ini semestinya  harus menjadi dasar pemikiran setiap pribadi bangsa ini dalam upaya bela negara,” kata  Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta Odang (OSO) memberilan kuliah umum dihadapan  ratusan mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol, Padang, Sabtu (23/9/2017).

Menurut Oso,  generasi muda atau mahasiswa sebagai penerima estafet kepemimpinan juga sebagai penentu masa depan  harus memahami Empat Pilar Kebangsaan tersebut dan menjalankannya dengan penuh semangat
Oso menekankan pentingnya peran dan kontribusi generasi muda dalam menentukan Indonesia ke depannya. “Bangsa yang kuat, berasal dari kualitas generasi mudanya sebagai penerus tegaknya NKRI. Ini membuktikan dengan semangat dan kerja keras kita dapat mandiri dalam menyejahterakan negeri ini. Semuanya itu diawali dari ketauladanan, disiplin, dedikasi serta motivasi yang tinggi dari generasi muda,” tegasnya.



Selnjutnya Oso mengatakan, sejarah Indonesia sudah membuktikan betapa pentingnya peran generasi muda sebagai penentu masa depan bangsa. “Mahasiswa (generasi muda) juga hendaknya turut serta mengawal proses demokrasi yang terjadi di Indonesia. Sejatinya kemajuan bangsa ini di masa depan, dapat dicapai dengan peran serta generasi muda dalam menentukan siapa pemimpinnya, karena mereka kelak juga akan menggantikannya,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit yang ikut hadir pada kesempatan tersebut menyampaikan nilai-nilai empat pilar kebangsaan tersebut merupakan modal penting bagi para pemuda dalam menjaga kesatuan bangsa maupun didaerah.

“Saat ini sudah banyak para pemuda yang sudah tidak mempunyai jiwa yang berlandaskan 4 pilar kebangsaan tersebut, terbukti dengan banyak nya perilaku negatif yang sangat merugikan pemuda itu sendiri dan tentunya bangsa ini” ujar Wagub.

Menurut Wagub, sosialisasi tentang 4 pilar kebangsaan, mesti terus di lanjutkan.
“Harapan kita semua, dengan adanya pembekalan Empat Pilar Kebangsaan ini, terutama kepada mahasiswa, dapat membentuk karakter sebuah bangsa yang sangat ditentukan oleh kualitas generasi mudanya,” tutupnya.(jas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *