Pilarbangsanews.com.Agam,-

Majelis Ulama Indonesia (MUI) kabupaten Agam bekerja sama dengan DPD FPI Sumatera Barat menggelar acara Tabligh Akbar peringatakan Tahun Baru Islam 1439 H di masjid Nurul Huda Simpang Tanjuang Alam kecamatan Ampek Angkek Kab. Agam pada pagi Ahad, 4 Muharram 1439 H bertepatan dengan 24 September 2017 M.

Acara dengan tema “Peduli Rohingya” ini di isi oleh Buya H. Baharuddin Jamil, S.IP pengurus ormas Persatuan Tarbiah Islamiyah (PERTI) dari kota Padang.

Nampak hadir dalam acara ini Asisten dua Sekda Agam bapak Ir. H. Isman Imran, M.SI, Dt. Sati, Imam Pemda Agam Buya Ali Amran, S.Pd,l. Hadir sekitar 250 orang jamaah dari kelompok-kelompok Majelis Taklim di kecamatan Ampek Angkek Canduang dan Tilatang Kamang. Jumlah ini diluar prediksi panitia, sangat sedikit dibanding undangan yang disebarkan panitia sehingga tenda yang terpasang di halaman masjid kosong.

Acara  berlangsung khidmat dimulai pukul 10.30 Wib. Sampai jam 13.00 Wib. Kata panitia acara ini akan berlangsung dua kali, insyaallah yang ke duanya digelar pada Rabu, 27 September 2017 pukul 09.00 Wib. Sampai pukul 12.00 Wib.  Di Masjid Agung Nurul Falah, kantor Bupati Agam Lubuk Basung.

H. Khairul Anwar, SH sebagai pengurus Masjid Nurul Huda menyampaikan ucapan terimakasih kepada MUI yang telah memilih masjid ini sebagai tempat acara. “Kami mohon keizinan dari bapak-bapak pengurus MUI dan Kemenag untuk mengumpulkan sumbangan juga kepada masyarakat dan nanti kami mohon bantuannya untuk disalurkan kepada saudara kita muslim Rohingya di Mianmar” katanya.

Mewakili ketua MUI kabupaten Agam Drs. Alwisral Imam Zaidallah, M.Pd menyampaikan bahwa acara peringatakan tahun baru Islam dengan tema “Peduli Rohingya” ini adalah hasil kerjasama dengan Ormas FPI Sumbar, Tarbiyah dan lain-lain.

Asisten dua Sekda Agam bapak Ir. H. Isman Imran, M.SI, Dt. Sati dalam sambutannya menyampaikan “Bapak-ibu, salam dari bapak wakil bupati Agam Ustazd Trinda Farhan, beliau sekarang mengemban semua tugas kepala daerah karena Bupati Agam sekarang sedang mengikuti pendidikan di Jakarta.”

“Cita-cita mewujudkan masyarakat Agam yang Mandiri Berprestasi yang Madani ini perlu dibumikan, sebagai buktinya sejak kamis kemaren sampai hari ini di Agam dilaksanakan acara peringatan Tahun Baru Hijriyah.” katanya.

Buya H. Baharuddin Jamil, S.IP dalam ceramahnya menyampaikan bahwa “kita harus mempertebal iman, melihat tayangan film dokumentasi penderitaan saudara-saudara kita muslim Rohingya tadi kita jangan hanya sedih, namun kita juga harus membantu sebisa kita. Berjihadlah di jalan Allah dengan hartamu dan dirimu sendiri. Mereka juga saudara kita, penderitaan mereka juga penderitaan kita. 

Di tengah ceramah dilakukan pemungutan sumbangan dana bantuan kemanusiaan untuk Muslim Rohingya, alhamdulillah terkumpul bantuan kaum muslimin sejumlah Rp. 3.047.500. Untuk selanjutnya dana ini akan disalurkan melalui DPD FPI Sumbar. (FY)

By Pilar