Sijunjung

70 Pelaku IKM Temu Usaha Kemitraan


SIJUNJUNG, Pilar Bangsa News– Untuk mendorong pengembangan sektor Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Sijunjung, Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UKM setempat menggelar temu usaha kemitraan dengan para pelaku IKM di daerah ini di Hotel Bukik Gadang, Senin (16/10).

Temu usaha kemitraan yang diikuti sebanyak 70 pelaku IKM didaerah ini menghadirkan pihak perbankan, yakni  Bank Nagari dan BNI Cabang Sijunjung.

Ketua Panitia Pelaksana, Hendri Nurka menyebutkan, temu usaha kemitraan sehari ini mengikutsertakan 70 pelaku IKM di kabupaten berjuluk Ranah Lansek Manih.Rinciannya, pelaku usaha industri  non agro sebanyak 30 orang dan pelaku industri agro 40 orang.

Temu usaha kemitraan yang mengangkat tema pembinaan terhadap IKM dan kemitraan dengan perbankan, selain menghadirkan pihak perbankan juga menghadirkan Ketua IWAPI Kabupaten Sijunjung, Yusni Darti yang juga Ketua DPRD setempat.

Dia mengatakan, temu usaha kemitraan merupakan salah satu upaya dari Dinas Dagperinkop dan UKM untuk mendorong terbentuknya kerjasama kemitraan antara IKM perbankan  dan BUMD/BUMN di daerah ini.

“Tujuan temu usaha kemitraan ini adalah untuk mendorong semakin berkembangnya IKM di daerah ini,” ucapnya.

Kepala Dinas Dagperinkop dan UKM mengatakan, temu usaha kemitraan ini perlu dilakukan.Sebab, tanpa adanya temu usaha kemitraan, pengembangan sektor IKM akan  mengalami kendala, terutama dalam permodalan.

Karena itu, dia berharap, dengan adanya temu usaha kemitraan dapat membangun kerjasama antara pengusaha, pemerintah dan perbankan, setidaknya melalui dana CSR (corpotare social responsibility).

Ketua DPRD, Yusni Darti menyambut baik kegiatan temu usaha kemitraan tersebut.Ia juga berharap, pelaku IKM di daerah ini bekerjasama dengan organisasi seperti IWAPI (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia).

Kerjasama dimaksud, agar pelaku IKM, selain mudah memasarkan produk, baik dalam maupun luar daerah.

Temu usaha kemitraan menghadrikan nara sumber  Mamanto Fani, S.Pt, Reni Kurnia, S.Pd, MM dan dari Dinas PM dan PTSP terkait perizinan online serta kemitraan dengan Perbankan dari BUMN/BUMD. ( Rjl/z )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *