Jakarta

Ini Perintah Presiden Jokowi ke Menlu soal Panglima TNI Ditolak Masuk AS

PILARBANGSANEWS. COM.JAKARTA,–
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) untuk menindaklanjuti informasi penolakan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo ke Amerika Serikat (AS). Menlu Retno LP Marsudi pun telah dipanggil oleh Jokowi soal kasus ini.

“Pak Presiden meminta Kemenlu dalam hal ini Menlu untuk menindaklanjuti informasi yang disampaikan kepada presiden itu,” kata Staf Khusus Kepresidenan bidang Komunikasi Johan Budi SP di gedung Binagraha, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (23/10/2017).

“Ketika hari Sabtu kemarin sebenarnya Panglima TNI menurut penjelasan yang saya konfirmasi sudah menginformasikan kepada presiden. Tapi kan belum jelas persoalan seperti apa,” sambungnya.

Johan mengatakan dirinya mendengar duta besar Amerika Serikat untuk Indonesia akan dianggil untuk diminta informasi soal penolakan terhadap Gatot.

Sebelumnya, Menlu Retno menemui Jokowi di Istana Kepresidenan. Kepada Jokowi, Retno menjelaskan Duta Besar (Dubes) AS untuk RI Joseph Donovan menyesal dan telah menyampaikan permohonan maaf atas insiden Panglima TNI ditolak masuk AS.

Pagi tadi Wakil Dubes AS untuk RI Erin Elizabeth McKee juga sudah datang ke kantor Kemlu menegaskan hal yang sama.

“Mereka (pihak Kedubes AS, red) regret and apologize terhadap situasi yang terjadi yang tentunya menyebabkan ketidaknyamanan ini,” ujar Retno.(DA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *