PILARBANGSANEWS.COM.SOLOK,– Polres Solok Kota yang kapolresnya dijabat AKBP Dony Setiawan SIK MH, sebulan yang lalu membentuk   Da’i Kamtibmas dengan personil Bintara Satuan Binmas. Mereka setiap  hari Rabu ke 7 orang personil itu rutin  melaksanakan kegiatan dakwah/ceramah agama dengan audiensnya para tahanan yang sedang menjalani proses hukum di Polres Solok Kota. 

Kegiatan ini diam diam diamati oleh Pemda Kotamadya Solok. Karena prosesnya dinilai sangat menyentuh setidaknya dapat memberikan penyadaran keagamaan kepada para tahanan. Pemda Kota madya Solok memberikan apresiasi. 7 orang dai Babinkamtibmas mendapat perhargaan dari Pemkot Solok.

Penghargaan diberikan langsung oleh Wakil Walikota Solok Reinier Dt. Intan Batuah, S.T.,M.M didampingi Kepala Kantor Kemenag Kota Solok Drs. H. Burhanuddin Chatib dan Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan, S.I.K.,M.H di Lapangan Apel Polres Solok Kota usai upacara serah terima jabatan Kasat Intelkam dan Kasat Binmas Polres Solok Kota,  Senin (13/11).

Selian itu  Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Solok juga mendapat penghargaan yang sama karena lewat kasi inilah ke 7 personil babinkamtibmas mendapat masukan memperkaya materi yang akan disampikan.

Mereka memang pantas mendapatkan penghargaan itu, karena kegiatan yang mereka lakukan telah melebihi  kewajiban tugas pokoknya sebagaimana diatur dalam Peraturan Kapolri Nomor 3 Tahun 2011 tentang Pemberian Penghargaan Di Lingkungan Polri.

Kapolres Solok Kota Dony mengatakan, pemberian penghargaan kali ini cukup unik, bukan Satuan Reskrim atau Satuan Lantas yang menerima penghargaan, tetapi diberikan atas inovasi pembinaan terhadap tahanan Polres Solok Kota yang dilakukan oleh Satuan Tahanan dan Barang Bukti (Sat Tahti) bersinergi dengan Kantor Kementerian Agama Kota Solok dan Da’I Kamtibmas.

Penerima penghargaan Sat Tahti adalah Kasat Tahti Ipda Edi Yuhendra bersama 7 orang personil Sat Tahti, Bripka Ali Murdani Satuan Reskrim sebagai penceramah setiap hari Rabu pagi. Kasi Bimas Islam Kemenag Kota Solok H. Afrizen S.Ag., M.Pd sebagai inisiator, konseptor dan koordinator sinergitas Da’i Kamtibmas dan Penyuluh Agama Islam dengan Polres Solok Kota. Da’i Kamtibmas Syamsudin S.Pd sebagai penceramah dan memimpin pengajian setiap Kamis Malam.

Personil Sat Tahti telah melakukan pembinaan tahanan selain kegiatan rutin adalah dengan cara mendirikan perpustakaan mini di tahanan Polres Solok Kota dan mewajibkan para tahanan untuk membaca buku setiap hari selama satu jam dengan tujuan agar menumbuhkan niat baca bagi para tahanan.

Di samping itu, personil Sat Tahti dibantu personil Satuan Reskrim (penceramah), Kasi Bimas Islam Kemenag Kota Solok dan Da’I Kamtibmas mengadakan ceramah agama setiap Rabu pagi dan Kamis malam serta pengajian setiap malam Jumat serta membiasakan seluruh tahanan untuk shalat berjamaah. 

Kategori penerima penghargaan kedua adalah Bhabinkamtibmas Kel. Tanah Garam Polsek Kota Solok Bripka Edwardo yang telah membantu membangun rumah warga binaannya yang habis terbakar serta memodifikasi mobil pribadinya menjadi perpustakaan keliling untuk warga binaannya dan siswa-siswi sekolah.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Walikota Solok dan Kepala Kantor Kemenag Kota Solok menyempatkan diri untuk menyampaikan apresiasinya dan memberikan penghargaan piagam kepada Bhabibinkamtibmas, Kasi Bimas Agama Islam Kemenag Kota Solok dan Da’I Kamtibmas, serta tambahan buku-buku bacaan untuk perpustakaan keliling Bhabinkamtibmas dan perpustakaan tahanan Polres.

Pada kesempatan tersebut, Rienier menyampaikan ucapan terima kasih inovasi personil Polres Solok Kota yang tidak hanya memberikan kebaikan bagi masyarakat tapi juga mengangkat nama baik Kota Solok. Ditambahkan oleh Burhanuddin Chatib, Kemenag Kota Solok merasa bangga atas perhatian yang begitu besar Kapolres Solok untuk mensinergikan kegiatan Bhabinkamtibmas dengan Dai Kamtibmas. 

Pada kesempatan yang sama, Ketua Bhayangkari Cabang Solok Kota Ny. Meiza Dony Setiawan didampingi seluruh pengurus Bhayangkari Cab. Solok Kota ikut memberikan tambahan buku kepada Bhabinkamtibmas Bripka Edwardo untuk menambah koleksi buku di mobil perpustakaan miliknya dan berharap agar kegiatan yang dilakukan Bhabinkamtibmas dilaksanakan dengan tulus dan ikhlas semata-mata untuk berbagi kepada sesama dan menumbuhkan niat baca kepada generasi muda. (DS)

By Pilar