Sumatera Barat

Sekdaprov Sumbar; Posyandu Garda Terdepan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Nagari

PILARBANGSANEWS. COM. PADANG,– Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Dr. Ali Asmar. MPd mengatakan, posyandu garda terdepan dalam pelayanan kesehatan masyarakat di nagari nagari. Oleh karena itu arah kebijakan dan strategi pembangunan bidang kesehatan haruslah menggariskan kepada peningkatan akses dan kualitas pelayanan kesehatan khususnya kesehatan ibu dan anak.


“untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Posyandu diperlukan informasi yang terstruktur dengan baik dan mudah diakses oleh masyarakat dan pihak yang berkepentingan dengan Posyandu,” kata Ali Asmar ketika membuka Bimbingan Teknis Penguatan Sistem Informasi Posyandu (SIP) Rabu malam 15 November 2017 di  The Axana Hotel Padang. 

Menurut Ali Asmar, agar Informasi terstruktur bisa diwujudkan, dibutuhkan Sistem Informasi Posyandu (SIP).  Dengan adanya SIP ini dapat dijadikan sebagai acuan untuk pengembangan kegiatan yang strategis dan yang sesuai dengan kondisi kekinian.

“Dengan demikian  Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan, benar benar dirasakan keberadaannya dalam rangka meningkatkan derajat  kesehatan masyarakat,” tuturnya.



Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat Drs. H. Syafrizal. MM selaku Panitia yang didampingi Dra.  Indra Roza. MSi yang juga Kabid Kelembagaan Masyarakat dan Lembaga Adat mengatakan Bimbingan Teknis Penguatan Sistem Informasi Posyandu (SIP) bagi Kader Posyandu yang dilaksanakan sekarang merupakan angkatan ke II, dan angkatan pertama dilaksanakan di Bukitinggi minggu yang lalu. 

Menurut Syfarizal,  kegiatan ini merupakan hasil pokok pikiran Komisi V anggota DPRD Sumbar, kegiatan ini juga dihadiri oleh Dra. Siti Izati Azis anggota komisi V dari Fraksi Partsi Golkar, Bimtek ini diikuti oleh 120 orang kader Posyandu se Kabupaten Padang Pariaman. 

Seluruh peserta diinapkan di The Axana Hotel Padang, pembiayaan kegiatan ini bersumber dari APBD Provinsi Sumatera Barat tahun anggaran 2017.

Pada kegiatan ini juga diserahkan seragam Kader Posyandu oleh  Siti Izati kepada peserta secara dimbolis,  (Akrl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *