Kepri

Tepuk Tepung Tawar Menanti Kapolda Kepri Yang Baru

PILARBANGSANEWS. COM. BATAM,–Kedatangan Irjen Pol.Drs. Didid Widjanardi, SH yang baru dilantik sebagai Kapolda Kepri siangnya oleh Kapolri, disambut dengan adat tradisi Melayu, saat tiba di Bandara Hang Nadim, Batam, Rabu (29/11), sekitar pukul 18:00 WIB.

Kedatangan Irjen Pol.Drs. Didid Widjanardi, SH bersama ibu Bhayangkari,  Erna Handayani Didid disambut langsung oleh Wakapolda Kepri Brigjen Pol Drs. Yan Fitri Halimansyah, MH bersama para pejabat utama Polda Kepri lainnya.

Tradisi Tepuk Tepung Tawar adalah tradisi  adat yang masih dilestarikan  di wilayah tanah Melayu ini, ditampilkan dalam menyambut kehadiran orang nomor one di Polda Kepri.

Sesuai dengan namanya Tepuk Tepung Tawar terdapat  3 kata. Memang dalam acara ini yang baru datang duduk di kursi, kemudian datang salah seorang tetua adat menghampiri. Tepung tawar yang sudah dipersiapkan dalam genggaman tangan tetua adat itu di bentur ketelapak tangan yang baru datang sehingga kedua telapak tangan ini bertepuk, tanda gembira dengan datangnya tamu baru.

Acara ini merupakan acara ritual adat di negeri-negeri Melayu, khususnya di Kepulauan Riau,   dan kini terus hidup dan dipertahankan dalam masyarakat sejak masa raja-raja dahulu. 

Selain itu budaya  Tepuk Tepung Tawar ini juga dilaksanakan pada acara acara  peristiwa penting dalam masyarakat Melayu, seperti  pada gunting rambut  bayi yang baru lahiran, khitanan, perkawinan, pindah rumah, pembukaan lahan baru. Termasuk menanti kehadiran seorang yang dihormati, selain itu juga untuk  jemput ( menumbuhkan ) semangat bagi orang yang baru luput dari mara bahaya, dan sebagainya.

Kapolda Kepri  juga disuguhkan dengan tarian khas adat melayu yaitu tari persembahan.

Sebelum melanjutkan perjalanan ke Radisson Hotel, tampak Irjen Pol Drs. Didid Widjanardi, SH beserta ibu saling bercanda ria dengan pejabat yang menjemputnya di ruang VVIP Bandara Hang Nadim.(wrd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *