PILARBANGSANEWS. COM. PEKANBARU,— Para pengguna jasa ATM dihimbau oleh Kapoltesta Pekanbaru, Kombes Pol Susanto, S.H., S.I.K., M.H agar tidak sendiri ketika melakukan transaksi di ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Sebab ada beberapa ATM  di Pekanbaru, tidak dikawal dengan baik oleh security  yang ada, sehingga kondisi ini dimanfaatkan oleh penjahat spesialis ATM  untuk melakukan aksi mereka.

Kapolresta mengatakan hal itu  melalui Kapolsek Sukajadi, AKP Zulfa, S.I.K, saat mengadakan konferensi pers terkait keberhasilan Polsek ini meringkus tersangka pelaku pengganjal di beberapa mesin ATM di kota Pekanbaru. 

Konferensi pers berlangsung  di Mapolsek Sukajadi Jalan Rajawali Pekanbaru. Selasa (5/12/2017). Menurut Kapolsek, tersangka pelaku yang telah berhasil ditangkap itu, DW (51 th) warga asal Pasaman Sumatra Barat.

Baca berita terkait ini dengan cara klik disini;

DW Tersangka Pelaku Pengganjal ATM Di Pekanbaru Ditangkap Polisi

Dari pengakuan tersangka DW beraksi dengan cara memasukan terlebih dahulu tusuk gigi ke dalam mesin ATM. Sasaran korban para orang tua, berpura-pura membantu korban yang telah memasukkan kartu ATM dan saat akan mengeluarkan kartu ATM tersebut tidak keluar. Pada saat itulah pelaku beraksi dengan membantu korban dan menukar kartu ATM dengan warna yang sama, dan pelaku lain mengalihkan perhatian serta menghafalkan nomor Pin ATM.

Dari pengakuan tersangka DW telah beraksi di 11 TKP, namun pelaku tidak mengetahui betul jalan yang ada di Pekanbaru. Hasil dari kejahatan dibagi rata dengan pelaku lainnya dan digunakan pelaku untuk biaya sewa hotel dan untuk berfoya.

Kapolsek  Sukajadi, AKP Zulfa, S.I.K, lebih lanjutnya mengingatkan,  sebaiknya saat melakukan penarikan uang di ATM ditemani oleh saudara atau teman,  apalagi bagi ibu ibu atau bapak bapak yang telah berusia tua.
“Jangan sendiri sebab, pelaku spesialis pengganjal ATM ini dalam melakukan aksinya yang diawali  pura pura membantu itu tidak sendiri. Jumlah mereka setidaknya 2 orang. 

Dalam konferensi pers itu, hadir Kasubbag Humas Polresta Pekanbaru Iptu Polius Hendriawan dan beberapa anggota Satreskrim Polsek Sukajadi. (Ed)

By Pilar