KriminalRiau

Kurang Dari 3 x 24 Jam Pembobol BRI Di Indragiri Hilir Ditangkap

PILARBANGSANEWS.COM. TEMBILAHAN,- Kurang dari  3 x 24 jam polisi di Indragiri Hilir, Riau, berhasil mengungkap dan menangkap pelaku pembobol Bank BRI Unit Kotabaru Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir sebanyak 1.098.724.000,- (satu milyar sembilan puluh delapan juta tujuh ratus dua puluh empat ribu rupaih).

Polisi tidak hanya berhasil mengungkap dan menangkap tersangka pelaku,  tetapi juga berhasil mengamankan uang BRI tesebut dari tangan tersangka,  sebanyak Rp. 998.068.000,- (sembilan ratus sembilan puluh delapan juta enam puluh delapan ribu rupiah), dari jumlah yang dilaporkan hilang. 

Sementara sisanya  Rp. 100.580.000,- (seratus juta lima ratus delapan puluh ribu rupiah) masih dalam penelusuran.

Menurut keterangan para tersangka , uang itu disimpan dirumah saudara dari salah seorang  tersangka.

Kapolres Indragiri Hilir AKBP Christian Rony Putra, S.I.K, M.H, kepada awak media, saat press release di Ruang Tri Brata Polres Indragiri Hilir, Kamis, 4/1/2017, selanjutnya mengatakan, Peristiwa   pembobolan ini diperkirakan  terjadi pada dini hari Senin (1/1). Paginya  Kapolsek Keritang AKP Lassarus Sinaga, SH, yang telah menerima laporan dari pihak bank, meneruakan laporan kejadian itu ke kapolres.

Kapolres Christian  yang baru bertugas di Kabupaten Inderagiri Hilir ini, begitu menerima laporan dari kapolseknya langsung memerintahkan  Kasat Reskrim AKP Arry Prasetyo, SH, MH, untuk memback up Polsek Keritang dalam pengungkapan kasus ini.

Dari olah TKP dan beberapa petunjuk di lapangan, diduga ada keterlibatan orang dalam Bank itu sendiri. Penyelidikan kemudian diarahkan kepada beberapa orang karyawan BRI Unit Kotabaru, termasuk kepada security sendiri.

Setelah mendapat bukti permulaan yang cukup, pada hari Rabu, 4 Januari 2018, sekira pukul 16.00 WIB, Unit Opsnal mengamankan Satpam yang bernama Ri alias Ko.

Berdasarkan hasil interogasi petugas, tersangka Ko mengakui dialah yang melakukan dengan  dua orang tersangka lainnya yakni Sap alias Cep dan Kah alias PL.

Setelah mendapat informasi dari tersangka RI alias Ko, tim Opsnal  pada hari Rabu, 4 Januari 2018, sekira pukul 20.30 WIB menangkap Sap alias Cep dan Kah alias PL.

Masih menurut Kapolres, uang tersebut masih belum sempat dibagi  oleh tersangka pelaku. Begitu mereka berhasil membobol BRI, uang itu sebanyak Rp. 998.068.000,- (sembilan ratus sembilan puluh delapan juta enam puluh delapan ribu rupiah), mereka sembunyikan  dalam gudang padi milik tersangka Kah, yang terletak di Jalan Bambu Kuning Kelurahan Kotabaru Reteh.

Dari pemeriksaan awal diketahui peran ketiga tersangka yakni :

1. Tersangka Ri alias Ko sebagai eksekutor, seorang diri menjalankan aksinya, dengan kunci yang diambilnya waktu melaksanakan tugas jaga di Bank tersebut.

2. Tersangka Kah berperan mengantarkan tersangka Ri melaksanakan aksinya dan kemudian bersama – sama menyembunyikan uang hasil curiannya ke gudang padi milik tersangka Kah.

3. Tersangka Sap alias Cep berperan sebagai orang yang memancing penjaga malam Heri Rioprima, untuk keluar dari Bank yang dijaganya, dan kemudian memberi Heri minuman keras, saat tersangka Ri beraksi.

Uang tunai sebanyak Rp. 100.580.000,- (seratus juta lima ratus delapan puluh ribu rupiah), masih dalam pencarian, dan menurut pengakuan tersangka Kah, uang tersebut disimpan di rumah keponakannya JS.

Ketiga tersangka, bersama barang bukti, sudah diamankan di Mapolres Indragiri Hilir, untuk proses penyidikan. Ketiganya disangkakan melanggar pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara.(spc5).
Sumber sijoripost

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *