PILARBANGSANEWS. COM. PAINAN,– Bak sitawa sidingin kehadiran Bupati Pesisir Hendrajoni Dt Bandobasou membawa keluarganya berhari Minggu di awal tahun 2018 ke pantai Muaro Kandih, Air Haji. Rumah rumah penduduk yang porak poranda dihantam ombak dalam tahun ini akan direlokasi. Begitu juga pantai yang telah tergerus ombak akan dibangun proyek penanggulangannya. 

Sebanyak 40 unit rumah warga di Muaro Kandih yang porak poranda dihantam ombak akibat abrasi pantai dalam tahun ini akan direlokasi memanfaatkan bantuan dana dari Kementrian PUPR.

“Alhamdulillah usulan yang kita masukkan ke Kementrian PUPR untuk merelokasi 40 rumah dan proyek penanggulangan abrasi pantai sepanjang 50 Mater,  sudah disetujui oleh pak  direktur dan Pak dirjen. Namun kita bersabar menunggu sisa dana lelang proyek Kementrian PUPR,”  kata Hendrajoni kepada Pilarbangasanews.com, semalam ( Kamis 10/1).

Menurut Bupati, permohonan dari Pemda Pesisir Selatan untuk membangun rumah korban abrasi Pantai Muaro Kandih itu, dijadikan sebagai prioritas oleh kementrian PUPR.

 “Jika nanti dananya sudah OK, pekerjaan proyek akan segara kita mulai, rumah itu nantinya akan diberikan kepada warga bagi rumahnya yang porak poranda akibat dampak abrasi pantai yang telah terjadi sejak 2005 lalu,” tambah Bupati.

Abrasi pantai di Muaro Kandih itu telah berlangsung sejak lama, dan mengakibatkan luas daratan pantai berkurang. Rumah rumah penduduk yang berada ditepi pantai hancur porak poranda dihantam deburan ombak.

Untuk mengatasi abrasi pantai ini harus  segera dilaksanakan dengan   melakukan pembangunan alat pemecah ombak, revetment, dan pembentukan tembok laut (groin).

Baca berita terkait klik disini;

​Abrasi Pantai Di Muaro Kandih Air Haji Sumbar Hancurkan Rumah Warga

Ini sudah dilakukan oleh  Gubernur dan wakil gubernur dijabat oleh Irwan Prayitno dan Nasrul Abit memenuhi janji kampanye mereka.

Pada tahun 2017,  1,7 milayr dana APBD Provinsi Sumbar tdigelontorkan untuk normalisasi sungai di Muaro Kandih. Pada tahun ini kembali dianggarkan dana Rp 3 Milyar untuk   proyek mengatasi abrasi pantai tersebut.

Kepala Dinas PSDA Sumbar, Rifda Suriani kepada salah satu media Online di Padang menyebutkan  pihaknya sudah menganggarkan kembali untuk pekerjaan lanjutan penanganan muara sungai tersebut. “2017 sudah kita mulai dengan anggaran Rp1,7 miliar, dan tahun 2018 kembali kita lanjutkan dengan anggaran Rp3 miliar,” jelasnya. (YY)

By Pilar