PILARBANGSANEWS. COM. PADANG,– Jutaan kaum muslimin di Tanah Air, baru usai melaksanakan sholat sunah Gerhana Bulan. Tak terkecuali di kota Padang, ribuan warga kota Padang berduyun duyun datang ke Masjid Raya Sumatera Barat, untuk menunaikan Sholat Gerhana.

Kecuali di Masjid Raya Padang, umat muslimin di kota Padang juga melaksanakan sholat sunah yang paling dianjurkan nabi ini di masjid yang ada disekitar tempat tinggal mereka.

Gerhana bulan dalam bahasa Arab disebut “khusuf”. Saat terjadi fenomena gerhana bulan kita dianjurkan untuk mengerjakan shalat sunah dua rakaat atau shalat sunah khusuf. Shalat sunah ini di Mesjid Raya Sumbar sebagai Imam, Irsyad, S.IQ, Dosen STAIPIQ Sumbar.

Dalam sambutannya, Gubernur Sumbar Prof. Irwan Prayitno yg juga seorang ulama mengatakan, bahwa Super Blue Blood Moon adalah peristiwa alam biasa dan Allah menunjukkan kebesarannya.

Peristiwa gerhana seperti ini hanya akan terjadi 152 tahun sekali. Jangan sampai peristiwa alam ini dikaitkan dengan mistik. Itu adalah syiri’. Allah tidak akan mengampuni Syiri’, karena itu adalah dosa tak berampun. Untuk itu, Rasulullah menuntun kita untuk melaksanakan sholat sunnah khusyuf, agar kita terhindar dari kesyirikan.

Mari kita berzikir mengingat kebesaran Allah SWT dengan peristiwa ini, tanpa mengaitkan dengan mitos-mitos yang menyesatkan.

Senada dengan Gubernur, Khatib juga menekankan, bahwa kita jangan terjebak dengan mitos yang sejak dahulu sebelum Islam berkembang mengatakan bahwa peristiwa ini adalah sebuah peristiwa mistis.

Jangan kita dikecoh dengan berbagai pendapat yang menyesatkan. Perbanyak zikir dan bersedekah di jalan Allah, karena zikir dan sedekah menjauhkan kita dari kesyirikan.

Gerhana Bulan Total yang terjadi malam ini 31 Januari 2018, mulai pukul 18:48:22 WIB. Nampak total pada pukul 19:51:42 WIB. Puncak Gerhana: 20:29:46 WIB dan akhir total gerhana pukul 21:07:51. Gerhana akan berakhir pukul 22:11:11 WIB. (Jas)

By Pilar