PILARBANGSANEWS. COM. SOLOK,– Kawasan Puncak Gunung Talang, Kabupaten Solok, terbakar Kamis (1/2) sekitar pukul 10.00 WIB. Kebakaran ini menyebabkan para pendaki yang berada di sekitar puncak, harus diungsikan ke posko pendakian dan pesanggrahan, untuk menghindari kepulan asap yang ditimbulkan.

Menurut pantauan wartawan Rizal Islami di Solok, malam ini api terlihat masih mambara di Gunung Talang.

Siang tadi api meluas ke arah Selatan (arah ke Alahan Panjang), seiring dengan angin yang bertiup.

Kebakaran di bagian puncak terlihat menghitam, usai dijamah sigulambai. Diperkirakan, puluhan hektar hutan kawasan puncak sudah terbakar.

Sejumlah pendaki yang sudah terlanjur datang di lokasi posko terpaksa mengurungkan niatnya untuk menanjak. Sejumlah petugas kepolisian bersama perangkat jorong dan Nagari juga sudah stanby di lokasi untuk mencegah pendaki yang nekat hendak melakukan pendakian.

Kapolres Arosuka AKBP Ferry Irawan mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak Mapolda, BPBD Sumbar dan pihak terkait lainnya untuk menanggulangi kebakaran ini.

“Kita sudah koordinasikan dengan atasan dan pihak terkait lainnya,” ungkap AKBP Ferry Irawan didampingi Wakapolres Kompol El Lase.

Hingga berita ini diturunkan, penyebab kebakaran belum bisa dipastikan. Petugas BPBD, Dinas Kehutanan dan petugas pengamat Gunung Talang langsung turun ke lokasi.

“Kita bersama-sama akan lansung turun ke lokasi, meskipun medan yang terbakar terbilang berat untuk dijangkau,” sebut Kalaksa BPBD Kabupaten Solok, Dasril.

Gunung Talang merupakan salah satu gunung berapi aktif yang ada di Kabupaten Solok, dengan ketinggian lebih kurang 2.597 dari permukaan laut. Lebih kurang 300 pendaki melakukan pendakian setiap minggunya.(rijal islamy)

By Pilar