Kalimantan

10,6 Sabu Berhasil Diamankan Petugas Bandara Juwita Tarakan

Tarakan, Pilarbangsanews.com ,-
Dua koli sabu masing masing berisi 12 paket sabu dengan total berat 10,63 Kg sabu, berhasil diamankan oleb pategus Bandara Juwita Tarakan, Kalimantan Utara, Selasa (24/07/18) pukul 11.00 WITA.

Dua kali paket sabu itu dikirim lewat JNE (Jalur Nugraha Ekakurir) tertahan di X-Ray Cargo Bandara Juwata.

Berawal dari kecurigaan petugas jaga Avsec, Yahya, yang melihat kedua paket tersebut dikirim lewat JNE Tarakan, dengan Pesawat Lion Air JT-739, Rute: Tarakan-Makassar.

Kecurigaan ada sabu ini oleh petugas ketika Cargo CDA memasukkan barang ke X-Ray Cargo Bandara, pada saat dilakukan X-Ray ada 2 Koli paket yang didalamnya dicurigai berisi sabu-sabu.

Saat itu sekitar pukul 07.00 WITA, oleh petugas Yahya yang sedang melaksanakan dinas jaga X-Ray Cargo Bandara, paket tersebut diambil dan diamankan dan diserahkan kepada petugas jaga pagi. Sebab Yahya waktu itu bertugas malam hari.

Badawi dan Indy adalab petugas jaga siang, stelah menerima barang sitaan dari Yahya, kemudian pukul 08.12 WITA, Indy menghubungi Komandan Avsec Yunus dan Kusni, untuk melaporkan bahwa ada paket dari JNE diduga berisi sabu-sabu.

Mendapat laporan itu Komandan Avsec Yunus dan Kusni segera mendatangi Cargo Bandara dan langsung memeriksa isi paket tersebut.

Dari hasil pemeriksaan, dipastikan barang tersebut benar sabu, kemudian pukul 08.40 WITA, Kusni menghubungi Ka Bandara Juwata Tarakan Asri Santosa dan memberikan instruksi agar tidak menghubungi siapa-siapa. biar saya saja yang menghubungi para Pimpinan satuan.

Dari hasil penelusuran, dikertahui, petugas JNE berinisial AP (28th) beralamat di jalan Aki Babu RT.001 Kel. Karang Harapan, Kec. Tarakan Barat.

Oleh petugas AP dibawa ke Gedung Keamanan Bandara Juwata Tarakan, dan pukul 11.00 WITA, Staf Intel dan Pom Lanud Anang Busra serta Polisi KP3 Bandara tiba di Gedung keamanan dan langsung mengintrogasi AP.

Tak lama kemudian petugas BNNP Prov. Kaltara, Dandim 0907 Tarakan dan Kapolres Tarakan datang ke Gedung Keamanan Bandara untuk melakukan pembongkaran terhadap kedua paket tersebut.

Dari hasil pembongkaran itu, diketahui nama serta alamat pengirim serta kealamat mana tujuan pengiriman barang.

Sekitar pukul 12.15 WITA, barang bukti dan saksi dibawa ke BNNP Prov. Kaltara untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.(Ezl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *