Dharmasraya

Dharmasraya Tuan Rumah Finish Etape 2 Tour de Singkarak 2018

Dharmasraya, Pilarbangsanews.com – Kabupaten Dharmasraya kembali dipercaya menjadi tuan rumah dalam ajang balap sepeda bergengsi kelas dunia, Tour de Singkarak (TdS) di Provinsi Sumatera Barat, pada tahun 2018 ini.

Pada event sport tourism TdS yang sudah memasuki tahun ke 10 ini, Dharmasraya ditunjuk menjadi tuan rumah finish etape 2, yang menurut jadwal akan dilaksanakan pada 5 November mendatang. Ini merupakan etape terpanjang dari 8 etape yang ada, karena para rider akan melintasi rute sepanjang 204,1 KM pada etape ini.

Etape 2 ini akan mengambil start di Taman Segitiga Sawahlunto, kemudian melewati Padang Sibusuk, Tanjung Gadang, Kantor Bupati Dharmasraya, Koto Baru, Nagari Sitiung, Koto Salak, Sungai Rumbai, Pulau Punjung, dan finish di Kantor Bupati Dharmasraya.

Sekaitan dengan hal ini, bupati meminta semua personil kepanitiaan untuk mempersiapkan pelaksanaan iven ini dengan sebaik-baiknya. Serta mengajak seluruh pihak, mulai dari jajaran pemerintahan, swasta, media dan juga segenap elemen masyarakat untuk bersama-sama mensukseskan iven akbar ini.

“TdS merupakan bagian dari iven nasional yang harus turut kita sukseskan,” ujar bupati.

Menurut bupati, pelaksanaan TdS di Sumbar yang sudah berlangsung hingga satu dekade pada tahun ini, turut dirasakan manfaatnya oleh Kabupaten Dharmasraya. Diantaranya, meningkatnya ekonomi masyarakat, terutama selama TdS berlangsung. Kemudian juga mendorong meningkatnya infrastruktur, terutama pada jalan-jalan yang akan dilalui oleh peserta balap sepeda, dimana jalan-jalan tersebut menjadi terpelihara dan semakin mulus. Dan tidak hanya itu, sambung bupati, TdS juga dapat menjadi sarana efektif untuk mempromosikan pariwisata dan budaya daerah kepada mancanegara. Maka dari itu, bupati mengajak segenap pihak untuk ikut mensukseskan iven bergengsi ini.

Kepada setiap Kepala OPD, bupati meminta untuk memasang stiker one way di mobil dinasnya, agar TdS terpublikasikan secara luas. Kemudian spanduk dan baliho tentang TdS juga diminta untuk diperbanyak, sehingga nampak lebih semarak.

“Juga kepada para camat dan wali nagari agar gencar mensosialisasikan hal ini kepada masyarakat,” tandas bupati.

Adapun, TdS akan berlangsung dari tanggal 04 hingga 11 November 2018, dengan melintasi 16 kabupaten/kota di Provinsi Sumbar sepanjang 1.267 KM. TdS akan mengambil start awal dari Kota Bukittinggi dan berakhir di Kota Pariaman.

Setidaknya, ada 15 team dari mancanegara dan 5 team Nasional yang akan ikut berpartisipasi pada iven ini, dan akan memperebutkan total hadiah sebesar Rp 2,3 miliar.(rjl/hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *