Riau

Kapolsek Payung Sekaki Lakukan Sosialisasi Pencegahan Kabakaran Hutan Dan Lahan

Pekanbaru – Penanganan Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) telah menjadi perhatian serius bagi Institusi Polri, hal ini ditunjukkan langsung oleh jajaran Polsek Payung Sekaki dengan menurunkan langsung beberapa personelnya ke lokasi titik api yaitu Jalan Riau Ujung Kelurahan Air Hitam Kecamatan Payung Sekaki kota Pekanbaru pada Jum’at (01/03/19).

Kegiatan yang dipimpin oleh Kapolsek Payung Sekaki AKP Hidayat Perdana dengan mengajak beberapa rekan-rekan wartawan yang terdiri dari media elektronik, media cetak maupun media online untuk bisa melihat secara lebih dekat upaya dan peran anggotanya dalam melakukan pencegahan karlahut kepada masyarakat sekitar.

Sosialisasi yang diawali dengan coffe morning bersama insan media, Kapolsek dalam hal ini juga melakukan perkenalan karena baru beberapa bulan menjabat sekaligus menjalin silaturahmi kepada insan media yang hadir.

“Kami berharap dengan dilakukan pertemuan ini, tentunya dapat terus terjalin kerjasama yang baik. Karena kita dalam menjalankan tugas-tugas sangat memperlukan dukungan dari insan media.” ujar Kapolsek yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Kasat Reskrim Polres Siak.

Selanjutnya Kapolsek beserta personel babinkamtibmas melakukan penyebaran kertas maklumat berupa himbauan agar tidak melakukan pembakaran lahan dan hutan kepada pengguna jalan di Simpang Jalan Riau Ujung.

“Ingatkan kepada keluarga dan kerabatnya ya bang, agar tidak melakukan pembakaran lahan karena akan dikenakan ancaman pidana selama 10 tahun dan denda 10 Milyar Rupiah.” ujar Kapolsek kepada pengemudi Mobil dan Sepeda Motor.

Selama perjalanan menuju lokasi kebakaran lahan, para personel babinkamtibmas yang dibantu oleh masyarakat sekitar melakukan pemasangan beberapa Spanduk Himbauan yang bertuliskan “Dilarang Keras Membakar Lahan Dan Hutan” di sepanjang Jalan.

“Selain di lokasi Kelurahan Air Hitam ini, kita juga telah melakukan sosialisasi penyebaran maklumat dan pemasangan spanduk di titik-titik rawan Karlahut, diantatanya yaitu di Kelurahan Tampan, Tirta Siak, dan Sungai Sibam.” tambah Kapolsek Payung Sekaki.

Sepanjang perjalanan menuju lokasi, jajaran Polsek Payung Sekaki pun melakukan himbauan secara lisan, “Kita juga menurunkan mobil-mobil patroli yang dilengkapi dengan pengeras suara yang bertujuan untuk pencegahan karlahut kepada masyarakat.” ujar Kapolsek.

Sampai di lokasi kebakaran lahan, para personel Polsek Payung Sekaki langsung memadamkan beberapa titik api yang tersisa setelah beberapa hari sebelumnya Tim Karlahut bersama BPBD dan Manggala Agni telah melakukan pendinginan disekitar lahan yang terbakar.

“Pola Lokalisir Pendinginan yang kita lakukan yaitu dengan cara mengitari titik api dengan cara menyiram air, sehingga api tidak dapat menyebar ke lahan lainnya.” ujar Kapolsek sembari mengatakan sebelumnya di lokasi ini lahan yang telah terbakar sepanjang sekitar 2 hektar dan dapat segera ditanggulangi.

Adapun permasalahan maupun kendala dalam mengatasi kebakaran lahan di wilayah hukumnya, Kapolsek mengakui masih perlu mencukupi sarana dan prasarana penunjang lainnya.

“Kita pada waktu memadamkan api perlu banyak menambah selang dengan melakukan penyambungan, karena titik api sangat jauh dari lokasi tempat air yang ada. Dan menuju akses titik api pun kita juga perlu membuat jalan baru, dengan cara terlebih dahulu menebas pohon maupun semak rumput hingga sampai ke titik api.” tambah AKP Hidayat Perdana SIK.

Setelah selesai melakukan peninjauan, Kapolsek Payung Sekaki menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya warga Pekanbaru agar tidak membakar lahan dan hutan.

“Marilah kita bersama-sama menjaga lingkungan dengan tidak membakar lahan dan hutan, karena hal ini dapat merugikan kesehatan kita. Apabila nantinya terdapat laporan, pengaduan hingga informasi berkaitan tentang karlahut agar segera menghubungi kantor polisi terdekat.” tutup Kapolsek Payung Sekaki AKP Hidayat Perdana.***(Mirza)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *