Pessel

Orasi Ilmiah Bupati Pessel Hendrajoni Pukau Civitas Akademika Universitas Negeri Padang

Padang, Pilarbangsanews.com,– Dengan gayanya yang ceplas ceplos dan sudah menjadi ciri khas dari Bupati Pesisir Selatan yang satu ini, namun saat tampil berorasi ilmiah di Universitas Negeri Padang, Bupati Hendrajoni, berhasil memukau civitas akademika Perguruan Tinggi Negri Sumatra Barat ini. Tepukan atau aplus sering terdengar bergema di gedung tempat wisuda ke 114 Universitas Negeri Padang (UNP) Minggu (24/3).

Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D, memuji dan memberikan apresiasinya kepada Bupati Pesisir Selatan, atas besarnya perhatian Pemda terhadap kemajuan pendidikan di Pesisir Selatan.

Pada orasi yang bertemakan “Arah dan Kebijakan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dalam meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dan tenaga profesional lainnya.” Bupati menegaskan beberapa kebijakan pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, di bidang pendidikan.

Dikatakan, untuk memenuhi kebutuhan guru, Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, telah mengangkat sebanyak 1200 orang guru kontrak.

” Untuk membayar gaji guru kontrak, saya memotong dana perjalanan dinas pejabat,” ungkap Hendrajoni, yang disambut aplaus oleh hadirin.

Sambutan gegap gembita juga diberikan oleh para wisudawan, pada saat bupati mengungkapkan bahwa Pemda Pesisir Selatan, telah mengangkat guru dengan sistem Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), padahal ketika itu banyak kabupaten dan kota menolak menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) membiayai pegawai PPPK.

“Banyak bupati dan wali kota menolak mengangkat PPPK karena harus dibayar dengan APBD, ” katanya.

Lebih lanjut bupati, memaparkan, kebijakan pemerintah daerah yang mewajibkan masing-masing kepala Perangkat Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, untuk membina satu sekolah.

” Setiap perangkat daerah harus menjadi abak angkat sekolah,” terang bupati.

Kehadiran kepala Perangkat Daerah sebagai bapak angkat dimaksudkan untuk melakukan percepatan peningkatan mutu pendidikan dan sekaligus memudahkan komunimasi bupati dengan kepala sekolah.

Dalam kesempatan itu, bupati mengajak lulusan terbaik UNP untuk mengabdi di Pesisir Selatan. ” Baik putra daerah Pesisir Selatan maupun tidak silahkan mengabdi Pesisir Selatan.” Ujarnya seraya menambahkan bahwa Pessel butuh orang yang cerdas untuk membantu menggerakkan pembangunan di daerah ini. (Rnl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *